Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 13 Agu 2022 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kata Bos Asgar Ada 4 Jenis Barbershop, Sudah Tahu Perbedaannya?

Garut -

Tempat potong rambut atau barbershop juga memiliki kategorinya sendiri. Setidaknya, ada empat jenis barbershop yang ada di Jakarta.

Untuk menjelaskannya, tim detikcom bertemu dengan Ketua Asgar Indonesia, Irawan Hidayah, di minggu pertama Agustus 2022 di Garut. Ia adalah orang yang sukses melobi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono agar mau membangunkan perumahan khusus pemangkas rambut di tanah kelahirannya.

Lalu, apa yang diperlukan untuk membuat toko pangkas rambut?

"Bisnis pangkas rambut tergolong menjanjikan. Karena, selama rambut manusia tumbuh maka diperlukan bisnis pangkas rambut," kata Irawan.

"Pertama adalah menyiapkan uang sewa tempat jika tidak punya. Kalau di Jakarta di antara 20-30 juta per tahun. Selain itu beli gunting, sisir, selimut, kursi dan macam-macam," dia menambahkan.

Kata Irawan, banyaknya alat yang dibutuhkan untuk pangkas rambut dipengaruhi oleh jenis toko pangkasnya. Jadi, akan semakin banyak kebutuhan bila yang dibuka adalah barbershop.

"Ada tiga tingkatan toko pangkas rambut. Pertama pangkas rambut biasa, yang hanya punya kursi biasa sampai tidak pakai AC," kata dia.

"Kedua, semi barbershop yaitu tempatnya masih biasa saja tapi sudah memakai AC. Ketiga kalau barbershop itu kursinya sudah lain dan mahal, alatnya juga, fasilitas lain lengkap, ada tempat creambath sampai semir rambut," terang Irawan.

"Ada yang lain lagi, barbershop premium itu harganya juga berbeda," kata dia.

Lalu berapa rentang harga dari alat pangkas rambut yang biasa digunakan para Asgar? Kata penglola LPK Barber School Abah Atrox pimpinan Rijal Fadhilah, alat memotong rambut dimulai dari harga ratusan ribu dan itu sudah bisa digunakan bertahun-tahun.

"Mesin cukur dari sederhana buatan China dari Rp 600-1,7 juta. Yang bagus dari Rp 2,5 juta ke atas, sampai Rp 5 juta," kata Rijal.

"Gunting standar Rp 120 ribu. Di sini menggunakan dan menyarankan itu tapi bisa buat 5 tahun," dia menambahkan.

(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA