Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Agu 2022 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Terkuak! Ini Sosok Perempuan yang Umrah Pakai Baju Ihram Laki-laki

Femi Diah
detikTravel
Pelaksanaan haji di masa pandemi COVID-19 membuat para jemaah menunaikan ibadah haji dengan menerapkan protokol kesehatan. Seperti ini potretnya.
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Jakarta -

Media sosial digemparkan dengan satu jemaah umrah perempuan tetapi memakai baju ihram laki-laki. Kini, sosoknya terungkap.

Kegaduhan itu muncul di Twitter publik Malaysia. Mereka menyebut jemaah itu sebagai perempuan yang mirip laki-laki. Rambutnya pendek, berkacamata dan mengenakan masker berwarna biru dan karena mengenakan ihram, bahunya terekspos.

Dia menunjukkan dirinya tengah umrah dengan melakukan video selfie di dekat Ka'bah. Selain itu, juga muncul video yang menunjukkan dia berjalan di area Masjidil Haram.

Netizen pun langsung bereaksi. Mereka menilai Nur telah melecehkan agama Islam di tanah suci dan mempertanyakan maksud perempuan itu.

Kementerian Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama) Malaysia sampai turun tangan. Yakni, dengan meminta Kementerian menyelidiki lebih lanjut dengan menelusuri sosok perempuan yang berumrah dengan ihram laki-laki itu. Kementerian tengah menunggu kepulangan perempuan itu.

Dalam prosesnya, netizen brhasil menguak identitas perempuan itu. Ada akun yang mengunggah surat izin mengemudi (SIM) perempuan itu.

Dalam SIM itu tercantum nama Nur Syazwani Binti Mohamad Resad. Dia disebut-sebut berumrah dengan baju ihram laki-laki untuk membuktikan bahwa dia laki-laki kepada sejumlah pihak yang meragukannya.

Dari Arab Saudi, umrah kini sudah bisa dibuka kembali. Jemaah juga sudah bisa beribadah di Masjidil Haram, termasuk mencium Hajar Aswad. Selama ini jemaah dilarang untuk mencium Hajar Aswad untuk mencegah penularan virus Corona.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengizinkan semua jenis visa untuk bisa melakukan ibadah umrah. Termasuk untuk visa turis juga diizinkan untuk melakukan umrah.

Kementerian Agama Indonesia, menjelaskan saat ini semua jenis visa bisa melakukan umrah di Arab Saudi, artinya orang yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa selain umrah, juga dapat beribadah umrah.



Simak Video "Heboh Wanita Asal Malaysia Kenakan Pakaian Ihram Laki-laki di Makkah"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA