Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Nilai Ujian Jelek, Gadis China Mengadu dan Menangis di Depan Patung Konfusius

Putu Intan
detikTravel
Konfusius
Patung Konfusius. Foto: Wikimedia Commons
Jakarta -

Seorang remaja perempuan di China viral karena menangis di depan patung Konfusius. Ia begitu terpukul karena nilai ujiannya jelek.

Kejadian ini direkam dan disebarkan melalui media sosial Weibo oleh pemilik akun bernama Chen. Dalam video itu, gadis dari Kota Foshan, Provinsi Guangdong tampak berlutut dan menangis sambil menyembah patung Konfusius pada Sabtu (13/8/2022).

"Saya mendengar secara samar-samar bahwa dia menyesal tidak mengerjakan ujian dengan baik. Dia bergumam telah menyebabkan orang tuanya malu dan mengecewakan mereka," kata Chen seperti dilansir dari CNN.

"Saya memintanya pulang, tapi dia mengatakan baik-baik saja," dia menambahkan.

Video yang menyedihkan ini sudah ditonton sekitar 7,8 juta kali di medsos Douyin dan 110 juta kali di Weibo. Melihat hal ini, banyak warganet China yang turut bersimpati. Mereka juga memberikan nasihat untuk gadis tersebut.

"Saya mau memberi tahu gadis ini tak penting kamu gagal ujian. Yang penting tetap rajin belajar dan kamu akan dapat nilai yang lebih bagus di ujian berikutnya," tulis salah satu pengguna di Weibo.

Tradisi berdoa sebelum ujian di depan patung Konfusius

Beberapa tahun belakangan ini banyak orang tua yang menyuruh anak-anak mereka untuk berdoa di depan patung Konfusius sebelum menjalankan ujian sekolah. Mereka percaya bersembahyang di depan patung Konfusius bisa membawa keberuntungan.

Waktu-waktu yang tepat untuk menyembah Konfusius bahkan kerap didiskusikan di antara para orang tua secara daring.

Konfusius yang disebut Kongzi dalam bahasa Mandari merupakan filsuf dan politikus besar China yang hidup 2.500 tahun lalu. Dia juga merupakan pengajar hebat dengan ajaran filosofinya dan diikuti oleh 3 ribu murid.

Di China, ada sekitar 1.6000 kuil Konfusius. Setiap kampus di sana pun mendirikan patung-patung Konfusius untuk mengenang pengajar hebat dari Negeri Tirai Bambu.



Simak Video "Sistem Regulasi Vaksin China Lolos Penilaian WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA