Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 18 Agu 2022 12:14 WIB

TRAVEL NEWS

Merdeka Bagi Menparekraf, Terus Buka Peluang dan Ciptakan Lapangan Kerja

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno serta Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mengenakan busana adat daerah di peringatan HUT ke-77 RI di Kemenparekraf.
Sandiaga Uno Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Saat merayakan HUT ke-77 RI di Pulau Untung Jawa, Menparekraf Sandiaga Uno membagikan arti merdeka bagi pemerintah serta sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tahun ini Presiden Joko Widodo perintahkan jajaran kementerian untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 di lokasi tugas masing-masing. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) memilih Kepulauan Seribu sebagai lokasi perayaannya. Tepatnya di Pulau Untung Jawa.

Menparekraf Sandiaga Uno rayakan kemerdekaan di Pulau Untung Jawa dengan mengenakan pakaian adat Suku Kaili, dari Palu, Sulawesi Tengah. Ia tampil cerah dengan pakaian bernuansa hijau dan kuning itu.

Di Pulau Untung Jawa, Sandiaga beserta jajarannya menyaksikan upacara bendera sekaligus detik-detik proklamasi yang disiarkan langsung dari Istana Merdeka. Setelah itu, ia menyempatkan diri untuk melihat dan mengomandoi beberapa lomba 17 Agustus yang diadakan di Pantai Sakura, Pulau Untung Jawa.

Pada perayaan kali ini, Sandiaga sempat membagikan makna kemerdekaan bagi pemerintah dan kementerian. Bagi pemerintah, merdeka adalah terbebasnya masyarakat dari berbagai permasalahan yang dialami, mulai dari kemiskinan hingga pandemi. Tak lupa, merdeka juga berarti Indonesia dapat leluasa bergerak menuju tujuan Indonesia yaitu Indonesia maju, sejahtera, adil, dan makmur.

"Arti merdeka adalah kita merdeka dari kemiskinan, kita merdeka dari perpecahan, kita merdeka dari keterpurukan, kita merdeka dari pendidikan yang rendah, kita merdeka dari rasa khawatir, kita merdeka dari pandemi, dan tentunya kita merdeka menuju Indonesia maju, sejahtera, adil, dan makmur. Itu makna merdeka bagi kami," kata Sandiaga kepada media di Pulau Untung Jawa, Rabu (17/8/2022).

Kemudian ia juga mengutarakan makna merdeka bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Menurutnya, merdeka adalah keleluasaan untuk terus membuka kesempatan kerja, baik melalui pemberian peluang usaha, pembukaan lapangan kerja, hingga dukungan pengembangan UMKM.

"Dan khusus pariwisata dan ekonomi kreatif, kita merdeka untuk terus membuka peluang usaha, menciptakan lapangan pekerjaan, dan merdeka untuk mendorong produk-produk UMKM kita," kata Sandi.

Dalam pertemuan bersama media, Sandi juga memuji UMKM Pulau Untung Jawa. Saat menunggu pelaksanaan detik-detik proklamasi, Sandi sempat disuguhi keripik sukun, oleh-oleh khas Kepulauan Seribu yang diproduksi langsung di Pulau Untung Jawa.

Menurutnya, pengemasan dari suguhan sukun yang ia terima sudah sangat baik. Ia berharap ke depannya masyarakat dan UMKM Pulau Untung Jawa dapat terus meningkatkan kualitasnya, baik dari segi produk UMKM maupun variasi aktivitas wisata.

"Tadi packaging-nya sudah sangat baik. Terima kasih para UMKM Pulau Untung Jawa. Setelah terpilih jadi desa wisata terbaik Indonesia 2021, masuk 50 besar, terus ditingkatkan. Diharapkan ini membuka paket wisata yang variatif, khususnya wisata air yang ternyata sangat diminati oleh masyarakat pasca pandemi," ujar Sandi.

Sebagai informasi, Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya. Di tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. Bagi Indonesia 77 tahun yang lalu, merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 di Sini!



Simak Video "Melihat Antusiasme Warga Kulon Progo Pasang Seribu Lampu untuk HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA