Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 25 Agu 2022 13:08 WIB

TRAVEL NEWS

Kereta Jepang Delay 23 Menit gegara Masinis Lupa Kata Sandi

Putu Intan
detikTravel
Kereta cepat Shinkansen di Jepang
Ilustrasi kereta Jepang. Foto: Dadan Kuswaraharja
Tokyo -

Ketepatan waktu sangat penting bagi orang Jepang. Namun baru-baru ini, perjalanan kereta harus diulur sampai 23 menit karena masinis lupa kata sandi tabletnya.

Sebagaimana diketahui, kereta cepat di Jepang selalu datang dan berangkat tepat waktu karena ribuan orang mengandalkan moda transportasi ini. Keterlambatan satu menit saja dapat menyebabkan gangguan dan mengharuskan perusahaan minta maaf pada masyarakat.

Keterlambatan kereta di Jepang biasanya disebabkan situasi tak biasa yang terjadi di luar sistem. Akan tetapi, kali ini keterlambatan kereta sampai hampir setengah jam terjadi karena kelalaian masinis.

Sebelum membahas kelalaian masinis, ada baiknya kita mengetahui sistem digitalisasi jadwal yang mulai Juni diterapkan perusahaan kereta Jepang, JR East. Dengan digitalisasi jadwal, masinis dapat memeriksa waktu keberangkatan dan kedatangan yang diperbarui secara otomatis melalui tablet.

Sayangnya, seorang masinis lupa kata sandi tablet berisi jadwal itu. Peristiwa itu dialami masinis yang menjalankan kereta dari Stasiun Koiryama pada 20 Agustus 2022 pukul 18.18. Setelah sekitar 3 menit kereta berjalan, ia ingin mengecek jadwal melalui tablet.

Namun upayanya membuka kunci tablet tidak berhasil karena kata sandinya ditolak. Masinis terus berusaha mengecek jadwal di setiap stasiun pemberhentian, misalnya di Stasiun Asakanagamori dan Yayagawa.

Karena terlalu sering mencoba membuka jadwal di tablet, ia menghabiskan waktu sampai 23 menit bila diakumulasi. Karena hal ini, sekitar 60 penumpang mengaku mengalami kerugian.

Peristiwa ini sebenarnya merupakan kali kedua yang terjadi usai pergantian sistem. Sebelumnya pada 8 Juli pukul 18.55, seorang masinis berangkat dari Stasiun JR Ishinomaki di Prefektur Miyazaki yang berdekatan, menuju Sendai.

Sesaat sebelum keberangkatannya, masinis pergi untuk memeriksa jadwal di tabletnya tetapi tidak bisa karena dia lupa kata sandinya.

Masinis ini memutuskan untuk menunggu di stasiun sampai seseorang bisa memberinya salinan kertas jadwal. Metode ini mengakibatkan penundaan 22 menit yang mempengaruhi sekitar 120 orang.

Seorang perwakilan dari JR Fukushima mengatakan bahwa mereka akan memberikan lebih banyak panduan kepada masinis tentang mengingat kata sandi. Solusi yang lebih sederhana mungkin hanya menonaktifkan kunci, karena jadwal bukanlah informasi rahasia yang harus mereka khawatirkan jatuh ke tangan yang salah.



Simak Video "Jepang Minta Warganya Pindah dari Tokyo, Iiming-imingi Rp 119 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA