Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 28 Agu 2022 18:10 WIB

TRAVEL NEWS

Begini Strategi Sukabumi Tingkatkan Ekonomi Lewat Pariwisata

Syahdan Alamsyah
detikTravel
Siapa sangka, pemandangan dan pengalaman eksotis Bali bisa dinikmati di Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Penasaran?
Foto: Ilustrasi pantai di Sukabumi (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami berkeinginan untuk memajukan perekonomian di wilayah Sukabumi Selatan, melalui sektor pariwisata.

Dia ingin mendongkrak peningkatan kunjungan wisatawan di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Marwan juga ingin mendongkrak sektor UMKM di wilayah tersebut.

Marwan mengatakan keinginannya itu merupakan strategi meningkatkan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi, ia berharap semua elemen pemerintahan terlibat tidak hanya Sukabumi tapi juga pemerintah pusat.

"Kegiatan bertemakan pariwisata tentunya merupakan salah satu strategi mengungkit pertumbuhan ekonomi, pasca pandemi yang harus kita dorong supaya masyarakat terbantu. Terlebih kita ini punya Perpres 87, dan bapak presiden mengingatkan semua program DAK pemerintah pusat secepatnya dilaksanakan," kata Marwan, Sabtu (27/8/2022).

Sekedar mengingatkan, Perpres 87 sendiri merupakan Peraturan Presiden (PERPRES) tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

"Program pemerintah pusat harus secepatnya dilaksanakan supaya daya beli muncul ketika ada daya beli kita dorong juga kegiatan misalkan UMKM dan semua yang ada di wilayah selatan akan kita libatkan sehingga potensi ke depan ketika kegiatan apapun bisa dilakukan di wilayah selatan," katanya.

"Contoh kecil misalkan rapat dinas nanti tidak hanya di satu lokasi saja, tapi masuk ke wilayah lain agar UMKM berkembang, masuk pergerakan dinas ke masyarakat. Ini tentu bisa meningkatkan daya beli, bisa meningkatkan UMKM itu sehingga ekonomi timbul," ujarnya menambahkan.

Marwan mencontohkan kegiatan Cycling de Jabar yang digelar hari ini mampu mendatangkan pundi-pundi rezeki untuk pelaku usaha kecil dan menengah, terutama pemilik penginapan di kawasan Palangpang, Geopark Ciletuh.

"Salah satunya kegiatan hari ini semua kamar penuh, nah ini kalau tiap minggu ada kegiatan rutin Insyaallah daerah sini bisa menjadi primadona, menjadi wilayah yang bisa sama-sama kita kembangkan. Masyarakat juga membantu untuk menjaga terutama kebersihan. Nah di hari jadi Kabupaten Sukabumi juga nanti ada agenda touring, tentunya bisa memberikan dampak positif terhadap pelaku usaha di tempat ini," beber Marwan.

Marwan mengaku sudah mendapat masukan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, bagaimana program-program Jabar bisa diimplementasikan untuk mendorong wilayah pasca pandemi.

"Tetapi yang paling penting bagaimana hari ini program Jabar Selatan Jabar Bergerak, Jabar Milenial dan semua bisa memberikan satu dorongan pengungkit di wilayah terutama pandemi ini untuk menjawab persoalan-persoalan terpuruknya daya beli, kondisi ekonomi masyarakat, kemudian infrastruktur," ungkap Marwan.

"Gubernur tadi malam memberikan suatu keyakinan kepada kita, bahwa jalan poros tengah Jabar akan diprioritaskan karena ini menjadi pengungkit untuk masyarakat yang selama ini tidak mendapatkan infrastruktur akan terpenuhi dan hasil dari pertanian pertambangan dan hasil produk mereka akan terserap dengan baik," tambah Marwan.


-----

Artikel ini telah naik di detikJabar dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Gempa M 5,8 di Sukabumi Jadi Trending Topic"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA