Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 01 Sep 2022 19:41 WIB

TRAVEL NEWS

Viral! Hiu Tutul Muncul di Pantai Barat Pangandaran

Aldi Nur Fadilah
detikTravel
Kemunculan ikan hiu tutul di Pantai Barat Pangandaran
Kemunculan hiu tutul di pantai barat Pangandaran. Foto: istimewa
Pangandaran -

Media sosial dihebohkan oleh kemunculan hiu tutul di pantai barat Pangandaran. Ini merupakan fenomena langka karena hiu jenis ini sangat jarang menampakkan diri.

Video yang menampakkan kemunculan hiu tutul (Rhincodon typus) viral di media sosial. Dalam video ini terlihat seekor hiu dengan totol yang terlihat jelas berada di kawasan pantai barat Pangandaran.

Hiu yang dijuluki 'naga bintang' ini adalah salah satu jenis yang sangat jarang muncul ke permukaan. Terutama pada musim pancaroba. Oleh karena itu, banyak yang penasaran akan kemunculannya.

Kasat Polairud Pangandaran AKP Sugianto mengatakan bahwa kabar kemunculan hiu tutul itu beredar di medsos pada Rabu (31/8) di sekitaran pasir putih Pangandaran.

"Kemarin memang ada laporan dari nelayan dan warga, ada naga bintang sepanjang 5 meter terdampar ke tepi pantai. Alhamdulillah berhasil diselamatkan," kata Sugianto kepada detikJabar, Kamis (1/9/2022).

Ia menuturkan, biasanya naga bintang muncul untuk mencari ikan layang pakan yang menjadi makanan bagi hiu tutul. Kemunculannya ke pesisir menunjukkan bahwa ikan layang pakan yang menjadi targetnya tengah bermigrasi ke pinggir laut.

"Itu tandanya ikan layang yang jadi makanan hiu tutul bergerombol ke pinggir laut akibat musim pancaroba," ujarnya.

Sugianto kemudian menerangkan bahwa hiu tutul yang muncul di pantai Pangandaran tidak membahayakan. Bahkan, sejumlah nelayan percaya bahwa kemunculan hiu tutul merupakan pertanda melimpahnya ikan.

"Memang nelayan mempercayai apabila hiu tutul muncul ke permukaan akan terjadinya panen ikan, tapi itu informasi dari nelayan setempat," sambungnya.

Sementara itu, menurut tokoh masyarakat Pangandaran, Bah Atong (67), selain untuk mencari makan, ada faktor lain yang menyebabkan kemunculan hiu tutul atau naga bintang ini.

"Selain itu untuk mencari makan, ada yang dihindari dari naga bintang tersebut, salah satunya panas bumi ataupun panas iklim laut," kata Bah Atong.

Artikel ini telah tayang di detikJabar.



Simak Video "Penampakan Dua Hiu Tutul Mati di Pantai Wonocaki Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA