Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 05 Sep 2022 11:02 WIB

TRAVEL NEWS

Diving Jadi Hobi Mahal, Harga Sertifikasinya Berapa?

bonauli
detikTravel
Ilustrasi diving
Ilustrasi free diving (Shutterstock)
Jakarta -

Diving masuk dalam wisata minat khusus. Disebut-sebut sebagai hobi mahal, ada sertifikasi untuk bisa mendapatkan lisensi menyelam.

Dunia bawah laut Indonesia memang indah tiada dua. Airnya sebening kaca, terumbu karangnya indah dan jenis ikannya beragam. Untuk bisa menikmatinya, traveler harus bisa menyelam.

Sebelum menyelam dengan bebas, ada sertifikasi yang harus dilalui oleh traveler. Ada beberapa pilihan asosiasi yaitu POSSI, PADI, NAUI, SSI dan ADS-I.

Meskipun berbeda, namun pelatihan selam yang diberikan sama dan diakui secara internasional. Jadi, kamu tidak perlu khawatir.

Yang banyak digunakan di Indonesia adalah POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia), PADI (Professional Association of Diving Instructor) dan SSI (Scuba School Internasional). POSSI memiliki 7 lisensi yaitu A1 (Open Water Scuba Diving), A2 (Advanced Scuba Diving), A3 (Rescue Scuba Diving), A4 (Master Scuba Diving), B1 (Instruktur), B2 (Instruktur) dan B3 (Instruktur).

PADI mengeluarkan 5 sertifikasi yang terdiri dari Open Water Diver, Adventure Diver, Advanced Open Water Diver, Rescue Diver dan Master Scuba Diver. Sementara SSI memiliki 6 jenis sertifikasi yaitu Basic diver, Open water diver, Advence diver, Rescue diver, Dive master dan Instructor.

Untuk biaya sertfikasinya open water diver berada di kisaran Rp 5-7 juta. Tahap pertama ini memang agak mahal karena peserta akan diajarkan semua dasar keahlian penyelaman. Saat naik tingkat, biayanya ada di kisaran Rp 3,5-4 jutaan.

Tapi bukan berarti makin naik makin murah, untuk level rescue pun berada di angka Rp 5-7 jutaan, tergantung asosiasi.

Ini baru scuba diving, ada pula free dive yang tren 5 tahun belakangan. Free dive adalah kegiatan selam yang dilakukan tanpa menggunakan alat scuba. Jadi traveler akan menyelam hanya dengan menahan napas.

Free Diving Society adalah salah satu komunitas free dive di Jakarta. Free dive memiliki 3 level sertifikasi yaitu level 1, 2 dan 3. Tiap level memiliki perbedaan kedalaman.

Di level 1, traveler akan diajarkan untuk bisa menyelam sampai kedalaman 14 meter. Harga sertifikasinya Rp 4,3 juta untuk dua kali pertemuan.

Traveler yang sudah mampu lulus menyelam di kedalaman 14 meter, bisa lanjut ke level 2 untuk bisa free dive sampai 26 meter. Harga sertifikasinya Rp 5,5 juta untuk dua kali pertemuan.

Sementara untuk level 3, traveler diharapkan mampu untuk free dive sampai kedalaman 35 meter. Harga sertifikasinya pun cukup menguras kocek, Rp 8,5 juta per 2 kali pertemuan.

Jadi, traveler mau sertifikasi scuba atau free diving?



Simak Video "Momen Xi Jinping dan Kamala Harris Bertemu di Sela-sela KTT APEC"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA