Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 12 Sep 2022 10:44 WIB

TRAVEL NEWS

Perbedaan Inggris, Inggris Raya, dan Britania Raya, Sudah Tahu?

CNN Indonesia
detikTravel
The union flag flies over the Houses of Parliament in Westminster, in central London, Britain June 24, 2016.     REUTERS/Phil Noble
Ilustrasi bendera Inggris. Foto: REUTERS/Phil Noble
Jakarta -

Sepeninggalan Ratu Elizabeth II, Inggris menjadi ramai diperbincangkan. Tapi masih banyak yang salah mengartikan Inggris sebagai negara dan wilayah.

Selama 70 tahun berkuasa, Ratu Elizabeth II menjadi simbol persatuan Inggris Raya karena berhasil menjaga kesatuan negara ketika sejumlah wilayah kekeh ingin menggelar referendum pemisahan diri. Salah satunya yakni pemberontakan Irlandia Utara.

Sebetulnya apa perbedaan Inggris, Inggris Raya, dan Britania Raya?

Istilah Inggris (England) dan Britania Raya (Great Britain) kerap digunakan untuk merujuk negara Inggris yang terletak di Eropa Barat. Selain itu, ada pula sebutan Inggris Raya (United Kingdom).

Britania Raya

Britania Raya merupakan sebutan yang merujuk pada wilayah geografis, bukan suatu negara.

Britania Raya mencakup wilayah Inggris, Skotlandia, dan Wales. Pulau ini disebut merupakan pulau terluas kesembilan di dunia, dengan luas 209.331 km persegi.

Inggris

Sementara itu, Inggris atau England merupakan salah satu negara bagian di Inggris Raya. Status wilayah ini sama dengan Wales, dan Skotlandia.

Namun, banyak pihak keliru menganggap Inggris identik dengan negara Inggris Raya.

Britannica melaporkan Inggris tak secara resmi memiliki pemerintahan atau politik sendiri, sebagaimana Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Inggris merupakan negara bagian terbesar di Inggris Raya secara luas wilayah dan jumlah penduduk.

Negara bagian ini juga punya peran penting dalam pembentukan Inggris Raya. Salah satunya pada awal abad ke-19, Inggris menjadi pusat revolusi Industri di seluruh dunia.

Inggris Raya

Inggris Raya adalah yang biasa dikenal sebagai United Kingdom.

Negara ini meliputi Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Singkatnya, Inggris Raya atau United Kingdom adalah negara berdaulat yang wilayahnya terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Sementara itu, Britania Raya merupakan daratan besar di Kepulauan Inggris yang wilayahnya mencakup Inggris, Wales, hingga Skotlandia. Sedangkan Inggris sendiri adalah salah satu bagian atau negara konstituen dari Inggris Raya atau United Kingdom.



Simak Video "Penampakan Panjangnya Antrean 7 Km Pelayat Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA