Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 13 Sep 2022 05:41 WIB

TRAVEL NEWS

Utuh, Masjid Berusia Ratusan Tahun Muncul Setelah 30 Tahun Tenggelam

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Dam di ujung selatan Dam Phulwaria, Bihar, India, mengering, masjid tua muncul ke permukaan.
Dam di ujung selatan Dam Phulwaria, Bihar, India, mengering, masjid tua muncul ke permukaan. (Foto: Tangkapan layar)
Bihar -

Kekeringan memunculkan banyak temuan-temuan bersejarah. Setelah banyak yang temuan mencuat ke permukaan di Eropa, kini warga India dikejutkan dengan munculnya masjid yang tidak biasa.

Dilansir dari geo.tv, sebuah masjid yang diduga berusia 120 tahun ditemukan setelah air di ujung selatan Dam Phulwaria, Bihar, India, mengering. Dilihat dari arsitekturnya, masjid tersebut diperkirakan dibangun pada awal abad ke-20.

Meski tak ada yang mengetahui secara pasti kapan masjid tersebut dibangun, namun dilaporkan bahwa masjid tersebut telah tenggelam selama 30 tahun. Masjid tersebut berada di dalam kawasan pengembangan bendungan Phulwaria.

Kashmir Media Service melaporkan bahwa masjid itu ada sebelum pembangunan bendungan dimulai pada tahun 1979. Dalam proyek bendungan tersebut, letak masjid ini berada dalam area yang dibanjiri. Sehingga, sejak proyek bendungan selesai pada tahun 1985, masjid ini tak pernah terlihat lagi.

Masyarakat yang masih mengingat menyebutkan bahwa masjid ini bernama Masjid Noori. Meski telah berada di bawah air selama 30 tahun, namun kondisi masjid masih utuh dan kokoh.

Kemunculan masjid ini mengejutkan dan membuat banyak warga penasaran. Masyarakat banyak yang berdatangan untuk melihat langsung kondisi masjid.

Semuanya terkejut karena kondisi masjid masih terbilang baik. Bagian dalam masjid bahkan disebutkan tidak memiliki kerusakan struktur.

Sebelum muncul secara utuh seperti saat ini, ujung kubah masjid terkadang muncul ke permukaan saat air sedang surut. Namun, tak banyak yang menduga bahwa ujung kubah yang muncul itu merupakan bagian dari masjid yang masih utuh.

Dengan air sungai yang mengering, kini pengunjung dapat datang dan masuk ke dalam area masjid. Meski berada di area berlumpur, namun masjid dengan tinggi 30 kaki atau 9 meter ini tetap dapat dimasuki oleh pengunjung.



Simak Video "Inggris Menyatakan Sejumlah Wilayahnya Kekeringan"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA