Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 15 Sep 2022 15:17 WIB

TRAVEL NEWS

Ulah Bule di Gunung yang Bikin Emosi Warga +62: dari Mesum sampai Telanjang

Tim detikcom
detikTravel
Turis nakal kencingi Gunung Bromo
Turis nakal kencingi Gunung Bromo (hometown.earth/Instagram)
Jakarta -

Baru-baru ini lagi-lagi ada bule bertingkah konyol dengan kencing di Gunung Bromo. Bukan sekali ini bule berulah di gunung.

Indonesia memang kaya akan wisata dan membuat semua orang penjuru dunia ingin datang ke sini. Selain keindahan pantai, gunung-gunung di Indonesia juga sangat indah.

Namun, keindahan yang dimiliki oleh Indonesia dicoreng oleh kelakuan turis asing maupun domestik yang tak patut. detikcom telah merangkum, Kamis (15/9/2022) kelakuan bule atau turis asing di gunung yang membuat geram warga Indonesia.

Berikut ulah konyol bule di gunung-gunung RI:

1. Bule kencingi Gunung Bromo

Bule berbahasa Jerman ini terang-terangan mengencingi Gunung Bromo dan mempostingnya di Instagram @hometown.earth. Aksinya ini membuat semua orang marah karena Gunung Bromo adalah gunung yang sakral.

Bagi masyarakat Tengger, Gunung Bromo bukanlah gunung sembarangan. Gunung ini disakralkan karena erat kaitannya dengan nenek moyang mereka, Joko Seger dan Roro Anteng.

Turis nakal kencingi Gunung BromoTuris nakal kencingi Gunung Bromo Foto: hometown.earth/Instagram

Untuk itu, masyarakat yang berwisata ke Bromo diimbau tidak melakukan hal-hal buruk. Masyarakat Tengger menyebut, lautan pasir dan kawah Gunung Bromo merupakan tempat keramat atau disakralkan.

Belum diketahui nama asli dari turis-turis yang mencederai destinasi unggulan Indonesia itu. Dalam video yang diunggah, hanya ada penjelasan bahwa Gunung Bromo adalah destinasi terkenal dan sangat asyik dijelajahi menggunakan motor trail.

Dalam bio di akunnya itu, ia akan kembali ke Wina, Austria dalam waktu dekat. Karena ulahnya itu, ia kini telah menghapus atau mungkin mengarsipkan postingan yang mengundang kontroversi itu dan keterangan di bio. Tak hanya itu, kolom komentar juga telah dimatikan.

2. Bule telanjang di Gunung Batur

Viral video yang diposting oleh akun @mind_body_healer, pemiliknya adalah Jeff Craigen. Dari sekian banyaknya postingan, ada sebuah video reels yang cukup meresahkan. Jeff menari tanpa busana sambil bernyanyi dengan latar gunung yang indah.

Dia menari dengan gerakan dan lagu yang diduga bagian dari ritual suku Maori dari Selandia Baru. Jeff diduga merekam sendiri video itu. Dalam video itu, dia juga terlihat menyensor bagian alat kelaminnya.

"When you strip naked without shame and be seen, you become fearless child of God (Saat kamu telanjang tanpa malu dan terlihat, kamu menjadi anak Tuhan yang tak kenal takut)," tulis Jeff di videonya itu.

Jeffrey Craigen , bule kanada yang menari telanjang di Gunung Batur.Jeffrey Craigen , bule kanada yang menari telanjang di Gunung Batur. Foto: Dok. Kanwil Hukum dan HAM Bali

"Sungguh, aku beritahu kamu, sampai kamu menjadi polos seperti anak kecil, lepaskan bajumu dan menginjak-injaknya, kamu tidak akan tak kenal takut dan kamu tidak akan memasuki kerajaan Tuhan. Ini adalah kata-kata Jesus. Perjalanan ini adalah semua tentang apa yang terlihat, dan biarkan pergi rasa malu untuk menikmati keutuhan kita," imbuh pria berambut gondrong itu.

Jeff mengaku sebagai merupakan seorang praktisi pengobatan tradisional. Lokasi dimana Jeff menari telanjang diduga ada di puncak Gunung Batur, Bali. Gunung Batur adalah gunung yang dianggap suci bagi masyarakat Bali

Selanjutnya ada bule mesum di kawasan Gunung Batur.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA