Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 23 Sep 2022 12:16 WIB

TRAVEL NEWS

Gibraltar Resmi Menjadi Kota Inggris, Tapi Terlambat 180 Tahun

Rock of Gibraltar in southern part of Iberian Peninsula.
Gibraltar (Foto: Getty Images/iStockphoto/Artur Bogacki)
Gibraltar -

Gibraltar dapat secara resmi akhirnya dapat disebut sebagai sebuah kota. Itu 180 tahun setelah pertama kali diberikan status oleh Ratu Victoria.

Melansir BBC, Jumat (23/9/2022), wilayah luar negeri Inggris itu telah mengajukan tawaran untuk menjadi kota di awal tahun ini sebagai bagian dari Queen's Platinum Jubilee.

Tetapi, ketika para peneliti memeriksa Arsip Nasional, mereka menemukan bahwa status Gibraltar sebenarnya telah diakui pada tahun 1842.

Status The Rock telah ditegaskan kembali saat kepemimpinan Boris Johnson yang menggambarkannya sebagai penghargaan besar yang merayakan sejarah dan dinamisme yang kaya.

Gibraltar telah menjadi wilayah luar negeri Inggris sejak 1713, ketika diserahkan ke Inggris di bawah perjanjian damai yang diteken setelah Perang Suksesi Spanyol.

Sebelumnya ada 39 tempat yang mendaftar untuk menjadi kota dalam sebuah kompetisi jubilee, dan delapan di antaranya, termasuk Doncaster, Bangor, dan Dunfermline, akhirnya diberikan status sebagai sebuah kota.

Di Inggris status kota artinya daerah itu bisa memiliki katedral, universitas, atau populasi besar, tetapi tidak ada aturan yang ditetapkan untuk itu diberikan. Status itu diberikan oleh raja atas saran menteri.

Status kota juga akan memberi manfaat pada penambahan materi, menempatkan daerah itu ada di peta dan biasanya merupakan sumber kebanggaan bagi penduduk.

Pemerintah mengatakan Gibraltar telah dihilangkan dari daftar resmi setelah awalnya diberi gelar oleh Ratu Victoria, tetapi tidak jelas bagaimana ini terjadi. Catatan terbaru dari 81 tempat yang disebut sebagai kota kini telah diterbitkan.

Gibraltar adalah satu dari hanya lima kota di luar Inggris yang diakui. Hamilton di Bermuda, Jamestown di Saint Helena, dan Douglas di Isle of Man sudah ada dalam daftar, sementara Stanley di Kepulauan Falklands termasuk di antara mereka yang diberi nama untuk Jubilee tahun ini.

Southend di Essex juga diberikan status kota awal tahun ini menyusul pembunuhan anggota parlemen David Amess, yang telah mewakili daerah pemilihan Southend West sejak 1997 dan telah lama berkampanye tentang masalah ini.



Simak Video "Pidato Perdana Liz Truss, PM Baru Inggris Pengganti Boris Johnson"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA