Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 25 Sep 2022 06:09 WIB

TRAVEL NEWS

Jepang Bebas Visa buat Turis Individu, Cek Syaratnya

Femi Diah
detikTravel
People stop to take pictures as they walk on a sidewalk under a canopy of cherry blossoms Sunday, March 27, 2022, in Tokyo. (AP Photo/Kiichiro Sato)
Foto: AP Photo
Jakarta -

Jepang akan mengizinkan wisatawan individu memasuki negara itu tanpa visa mulai 11 Oktober 2022. Ini syaratnya.

Pengumuman itu disampaikan Perdana Menteri Fumio Kishida pada Kamis (22/9/2022) di New York.

"Kami akan menghapus batasan jumlah orang yang memasuki negara, dan akan melanjutkan menerima perjalanan individu dan perjalanan bebas visa," kata Kishida seperti dikutip dari Nikkei.

Jepang pertama kali membuka pintu untuk grup wisata resmi pada bulan Juni. Namun, jumlah turis dibatasi dan wisatawan harus memenuhi persyaratan visa khusus untuk masuk.

Saat ini, wisatawan masih membutuhkan visa khusus untuk masuk ke Jepang dan hanya cuma bisa masuk melalui paket wisata atau tur. Sudah begitu, ada kuota harian ditetapkan 50 ribu wisatawan di tengah pandemi COVID-19.

Mulai 11 Oktober, wisatawan independen akan diterima kembali di Jepang, dan persyaratan visa terkait pandemi akan dicabut.

Kendati masuk Jepang bebas visa, tetap ada aturan terkait dengan pandemi. Para wisatawan yang sudah divaksinasi tiga kali dengan dua dosis vaksin AstraZeneca, Pfizer atau Moderna dan suntikan vaksin booster tambahan dari Pfizer atau Moderna maka tidak memerlukan tes PCR negatif sebelum terbang. Perlu diperhatikan bahwa AstraZeneca tidak diterima sebagai booster yang valid.

Sementara itu, bagi yang belum disuntik booster dengan dua dosis vaksin AstraZeneca, Pfizer atau Moderna, harus melakukan tes PCR dalam waktu 72 jam sebelum penerbangan dan menunjukkan bukti tes negatif dalam format yang disetujui pemerintah Jepang.

Syarat bebas visa ke Jepang bagi WNI adalah seorang WNI sudah memiliki e-paspor (paspor dengan logo chip di bagian sampul depan). Dengan e-paspor. Kemudian, melakukan registrasi untuk mendapatkan bebas visa Jepang.

Program bebas visa untuk turis asing ke Jepang itu direncanakan sejak lama, tetapi ditangguhkan pada Maret 2020 akibat pandemi virus Corona.

Negara ini berharap sektor pariwisata menerima dorongan menyusul kekuatan yen yang lemah terhadap dolar AS selama 24 tahun.

Sama seperti sektor pariwisata di banyak negara, pada saat pandemi, mengalami penurunan signifikan. Sebelum pandemi, Jepang menyambut rekor 31,8 juta pengunjung pada tahun 2019.



Simak Video "Jelajah Wisata Ramah Muslim di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA