Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 26 Sep 2022 08:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pesawat Dilarang Terbang Dekat Area Pemakaman Shinzo Abe

Femi Diah
detikTravel
A portrait photo of late former Japanese Prime Minister Shinzo Abe, who was shot while campaigning for a parliamentary election, is placed on an altar as a mourner bows, at the Liberal Democratic Party (LDP) headquarters, in Tokyo, Japan July 11, 2022. REUTERS/Issei Kato
Foto: REUTERS/Issei Kato
Jakarta -

Jepang memperketat pengamanan menjelang upacara pemakaman mantan Perdana Menteri Shinzo Abe. Pesawat dilarang terbang di dekat area makam.

Upacara pemakaman Abe dijadwalkan di Nippon Budokan, Tokyo pada Selasa (27/9/2022) pukul 14.00 waktu setempat. Acara pemakaman yang disebut-sebut menghabiskan dana Rp 178 miliar itu akan dihadiri pemimpin negara asing hingga tamu VIP lainnya.

Sekitar 700 tamu asing termasuk 50 pemimpin negara akan menghadiri pemakaman Shinzo Abe besok. Beberapa pemimpin negara itu diantaranya yakni Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, PM India Narendra Modi, PM Singapura Lee Hsien Loong, Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc, hingga Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Diperkirakan, pemakaman itu dihadiri 4.300 undangan.

Untuk mengamankan prosesi pemakaman itu, pemerintah setempat mengambil sejumlah tindakan. Jalan di sekitar lokasi akan ditutup sejak Senin (26/9). Pemerintah juga melarang segala bentuk penerbangan di sekitar lokasi pemakaman Abe mulai hari ini. Wilayah udara sekitar 47 kilometer dari lokasi pemakaman harus steril dari segala penerbangan.

Jepang menerapkan keamanan paling ketat selama proses pemakaman Abe berlangsung. Puluhan ribu polisi termasuk 2.500 pasukan tambahan yang dikirim dari berbagai penjuru Jepang akan dikerahkan untuk mengamankan Ibu Kota Tokyo.

Polisi juga meningkatkan patroli dengan anjing pelacak di berbagai stasiun kereta api dan bandara utama sejak beberapa hari terakhir.

Selain polisi, sebanyak 1.000 pasukan angkatan bersenjata juga dikerahkan untuk mengamankan prosesi pemakaman. Polisi berpatroli di jalan tol hingga ke gedung kedutaan dan hotel tempat tamu kenegaraan menginap.

Abe bakal menjadi eks PM Jepang kedua yang mendapat penghormatan dengan pemakaman kenegaraan. Acara serupa yang pertama diberikan kepada Shigeru Yoshida pada 1967.

Abe meninggal dunia usai ditembak Tetsuya Yamagami saat menyampaikan pidato di sekitar Stasiun Nara pada awal Juli lalu.

Tetsuya menyerang Abe karena menganggap eks PM itu berhubungan dengan Gereja Unifikasi, organisasi yang membuat sang ibu bangkrut. Ibu Yamagami disebut telah menyumbang ke organisasi sebesar 100 juta yen atau sekitar Rp 10,8 miliar.



Simak Video "Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia, Jokowi Ucapkan Belasungkawa"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA