Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 30 Sep 2022 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Peluang, Spanyol Segera Tawarkan Visa untuk Digital Nomad

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Kawasan wisata di Spanyol.
Kawasan wisata di Spanyol. Foto: (Youtube)
Madrid -

Tren bekerja jarak jauh terus berkembang. Setelah banyak negara menyediakan visa khusus untuk digital nomad, kini giliran Spanyol yang ikuti perkembangan ini.

Visa untuk digital nomad telah disediakan oleh banyak negara. Terutama negara-negara yang menjadi destinasi workcation alias work vacation atau bekerja sambil berlibur. Beberapa negara Eropa yang dikenal sebagai negara tujuan para digital nomad di antaranya yaitu Estonia, Kroasia, Portugal, dan Islandia.

Dilansir dari Schengen Visa Info, otoritas Spanyol telah mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mengeluarkan visa untuk para digital nomad. Itu dilakukan untuk memfasilitasi para turis dari Amerika Serikat (AS) dan negara-negara non-EU lainnya yang ingin tinggal di Spanyol sambil bekerja jarak jauh.

Otoritas Spanyol menegaskan bahwa visa ini hanya ditawarkan bagi mereka yang bekerja jarak jauh untuk perusahaan yang berada di luar Spanyol. Visa ini juga berlaku bagi mereka yang memperoleh maksimum 20 persen pendapatan mereka dari perusahaan Spanyol.

Rencana untuk mengeluarkan visa untuk digital nomad ini telah dicanangkan sejak bulan Januari. Meski begitu, hingga saat ini undang-undang terkait hal ini belum diresmikan dan belum ada informasi lengkap mengenai visa tersebut.

Berdasarkan informasi dari the Guardian, visa akan dikeluarkan untuk satu tahun pada awal penerbitannya. Perpanjangan visa untuk lebih dari lima tahun dapat dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi pemohon visa.

Otoritas Spanyol mengharapkan dengan dikeluarkannya visa ini dapat menarik banyak turis asing untuk tinggal dan bekerja dari Spanyol. Mereka juga menekankan bahwa keberadaan visa ini dapat membantu pemulihan perekonomian Spanyol setelah terdampak hebat oleh pandemi COVID-19.

"Visa digital nomad akan menarik talenta nasional dan internasional dengan membantu para pekerja jarak jauh dan digital nomad untuk tinggal di Spanyol," kata Menteri Perekonomian Spanyol Nadia Calviño.

Untuk mendapatkan visa ini, pemohon harus merupakan warga dari negara di luar Uni Eropa. Pemohon juga harus dapat menunjukkan bahwa mereka telah bekerja jarak jauh setidaknya selama satu tahun.

Tak hanya itu, pemohon visa juga harus menunjukkan kontrak kerja mereka. Sementara bagi para freelancer, mereka harus dapat menunjukkan bukti bahwa mereka telah dipekerjakan secara rutin oleh perusahaan di luar Spanyol.

Kemudian berdasarkan laporan dari the Guardian, pemohon visa juga harus dapat membuktikan bahwa mereka memiliki pendapatan yang cukup dan memiliki alamat tempat tinggal di Spanyol. Meski begitu, belum dikonfirmasi apakah akan ada pemeriksaan catatan kriminal atau tidak bagi pemohon visa ini.



Simak Video "Lezatnya Beragam Kuliner Khas Kalimantan di Warung Berkonsep Prasmanan, Samarinda"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT