Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 09 Okt 2022 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Lanjutkan Promosi, Jakarta Travel Fair Hadir di Balikpapan

Syanti Mustika
detikTravel
Jika diperhatikan dengan seksama tugu Monas saat ini terlihat kusam seakan tidak terawat. Dinding tiang dari ikon Ibu Kota bahkan sedikit menghitam.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Jakarta Travel Fair 2022 sudah menyelesaikan seri Medan dan Makassar. Kali ini, promosi wisata Jakarta akan lanjut ke Balikpapan.

Untuk mendongkrak promosi wisata ibu kota, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta menggelar Jakarta Travel Fair (JTF) 2022. Setelah sukses di dua kota sebelumnya, Medan dan Makassar kini JTF 2022 akan menyinggahi Balikpapan pada 7-9 Oktober 2022 di E-Walk Balikpapan Mall untuk mengajak warga Balikpapan dan masyarakat sekitarnya berwisata ke Jakarta.

Bertemakan #Jakcation, Feel The Urban Vibe, Jakarta Travel Fair 2022 akan hadir di atrium E-Walk Balikpapan Mall, mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB. Masyarakat Balikpapan akan disuguhi beragam kesenian Jakarta, momen bersama komunitas lokal Balikpapan, games, kuis berhadiah merchandise khas Jakarta, program bincang-bincang hingga beragam diskon paket wisata serta penampilan dari Saykoji dan Disko Pantera.

Dalam rilisnya, Jumat (7/10/2022) JTF 2022 bekerja sama dengan para pegiat usaha pariwisata dan ekonomi kreatif ibukota seperti biro perjalanan wisata (tour operator dan travel agent), hotel, Meeting Incentive Convention and Exhibition (MICE), obyek wisata seperti atraksi wisata, mall, venue, yang antusias ingin memperkenalkan evolusi Jakarta.

Kepala Bidang Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dedi Sumardi DKI Jakarta menuturkan, daya tarik Ibu Kota Jakarta dengan banyak sekali lokasi wisata ikonik memiliki peminat wisata domestik yang tinggi, terlebih dengan perombakan konsep yang semakin inklusif.

"Revitalisasi yang sudah berlangsung di beberapa titik seperti Kota Tua, Taman Ismail Marzuki, makin membuat wisatawan nyaman dengan sarana prasarana yang ramah lingkungan. Begitu pula dengan Taman Mini Indonesia Indah yang makin kinclong dan siap menjadi destinasi wisata dan edukasi warga," terang Dedi.

Menurut data Kemenparekraf RI, destinasi wisata domestik masih jadi primadona bagi warga untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Mobile Positioning Data (MDP) menunjukkan wisatawan domestik mengalami jumlah pertumbuhan yang meningkat sejak 2019.

Tercatat jumlah peminat wisata oleh wisatawan domestik mencapai 525 juta pergerakan pada 2021 dan diproyeksikan sepanjang tahun 2022 akan meningkat hingga 550 juta pergerakan. Angka yang tentu menjanjikan sebuah kesempatan besar, salah satunya bagi DKI Jakarta dalam menangkap peluang wisatawan domestik mengunjungi Jakarta yang telah siap dengan pilihan wisata urban perkotaan dengan fasilitas lengkap yang terdigitalisasi.

"Selain lokasi dan atraksi, Jakarta sebagai kota global juga memiliki potensi wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) yang jadi referensi. Opsinya semakin banyak, mulai dari ratusan hotel berfasilitas lengkap, hingga Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang mampu menampung total kapasitas hingga 82.000 orang, Kepulauan Seribu pun bisa jadi pilihan berlangsungnya MICE. Melalui program Digital Nomad Island, sarana dan prasarana terus jadi perhatian sehingga aktivitas dan produktivitas dapat terakomodir baik," tambahnya.

Tercatat puluhan pegiat wisata akan bergabung di Jakarta Travel Fair 2022 di Balikpapan seperti atraksi wisata Taman Impian Jaya Ancol (Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventures), Coconut Vacations, Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno, Pulau Seribu / Sheila Tour, Tripwe, Charisma, Favehotel LTC Glodok - Jakarta, Ashley Hotel Jakarta, The Orient Jakarta A Royal Hideaway Hotel, Yuan Garden Pasar Baru, Hotel Century Park Jakarta, Orchardz Hotel, Best Western Plus Kemayoran Hotel, Swiss-Belhotel Mangga Besar dan Royal Palm Hotel & Conference Center Jakarta.

Juga ada The Ascott Limited, Hotel Mercure Jakarta Sabang, Zuri Hotel Management, Ra Hospitality, Waringin Hospitality, Hotel Bidakara Jakarta, favehotel Gatot Subroto - Jakarta, Novotel & Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta, eL Hotel Royale Jakarta, Bluesky Pandurata, Teraskita Hotel Jakarta managed by Dafam, Discovery Hotels & Resort (Hotel Borobudur Jakarta dan Discovery Hotel Ancol) dan Old Shanghai Restaurant yang akan hadir dan siap memberikan informasi serta paket wisata terbaik bagi seluruh pengunjung yang hadir dan melakukan transaksi di Jakarta Travel Fair 2022.



Simak Video "Usaha Bangkitkan Perekonomian, Kepulauan Seribu Gelar Travel Fair"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA