Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 09 Okt 2022 10:10 WIB

TRAVEL NEWS

Punya Banyak Potensi, Banda Neira Didorong Jadi Wisata Nasional

Syanti Mustika
detikTravel
Wisata rempah lonthor
Gunug Api di Banda Neira (Syanti/detikTravel)
Jakarta -

Banda Neira di Maluku Tengah punya kekayaan alam yang luar biasa. Sayang sekali, keindahannya belum bisa menjadikan ia wisata nasional.

Banda Neira tidak hanya dikenal dengan kualitas buah palanya saja, namun kekayaan alam hingga sejarahnya juga patut dijelajahi lho. Terutama kamu pecinta sejarah akan terpukau dengan Benteng Belgica, Rumah Pengasingan Bung Hatta hingga beragam sisa benteng-benteng peninggalan penjajah.

Traveler yang suka diving juga harus menjelajahi bawah laut Banda yang masih alami dan sangat cantik. Bila beruntung bisa bertemu dengan paus an gerombolan lumba-lumba. Sunset dan sunrisenya juga indah.

Benteng berbentuk Pentagon di AmbonBenteng Belgica di Banda Neira (desvriany/d'Traveler)

Saat ini, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku memperjuangkan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah menjadi prioritas destinasi wisata nasional.

"Saat ini yang menjadi utang besar dan menjadi target kita, adalah bagaimana destinasi wisata yang ada di Maluku, salah satunya yang kita perjuangkan yaitu Banda Neira, bisa menjadi prioritas wisata nasional," kata Plt Kepala Dispar Maluku, Afandi Hasanusi dikutip dari Antara, Minggu (9/10/2022).

Afandi mengatakan bahwa Dispar Maluku menyepakati Banda Neira menjadi prioritas destinasi wisata nasional karena dianggap memiliki potensi wisata yang komplet.

"Banda itu memiliki potensi wisata yang bisa dibilang kategori lengkap. Dari mulai potensi wisata budaya, sejarah, bahari, kemudian banyak komunikan-komunikan di sana." katanya.

Pemprov Maluku akan merenovasi Istana Mini di Banda Neira. Istana ini rencananya akan ditetapkan sebagai istana Presiden Republik Indonesia.Pemprov Maluku akan merenovasi Istana Mini di Banda Neira. Istana ini rencananya akan ditetapkan sebagai istana Presiden Republik Indonesia. Foto: dok Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Ia mengaku yakin, seluruh elemen masyarakat sepakat apabila Banda Neira bisa menjadi prioritas Dispar Maluku, tanpa menyampingkan destinasi wisata yang lain.

"Saya kira kita semua sepakat. Tapi ini bukan berarti kita menyampingkan yang lain, tidak. Tapi kita mendorong untuk saat ini adalah Banda Neira. Karena Banda punya keunikan tersendiri," ujar Hasanusi.

Ia menerangkan, dengan menargetkan Banda Neira menjadi prioritas wisata nasional, Dispar bekerja sama dengan berbagai sektor salah satunya perbankan yang telah beberapa kali membuat kegiatan yang mengarah pada wisata di Maluku.



Simak Video "Penjelasan Lengkap BMKG soal Gempa M 7,5 di Maluku"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA