Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 12 Okt 2022 20:12 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Ada Lagi Permainan Harga Hotel di Lombok Saat WSBK

Antara
detikTravel
Foto udara kompleks salah satu hotel di Kuta Beach Park the Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (14/9/2021). Di kawasan lingkar sirkuit Mandalika terdapat sejumlah penginapan berbagai tipe mulai dari tipe penginapan yang murah berjenis homestay dengan tarif berkisar mulai Rp55 ribu hingga Rp700 ribuan per malam dan tipe penginapan yang premium seperti hotel-hotel berbintang dengan kisaran tarif lebih mahal mulai dari Rp800 ribuan hingga Rp3 jutaan per malamnya. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.
Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Jakarta -

Kantor Staf Presiden (KSP) mengingatkan pentingnya kesiapan sirkuit dan ketersediaan penginapan yang layak bagi penonton dalam penyelenggaraan World Superbike (WSBK) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) agar kesalahan saat gelaran MotoGP tak terulang.

Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian menyebut selain kesiapan sirkuit dan penginapan, panitia penyelenggara juga harus menyiapkan rekayasa lalu lintas dan teknis alur kedatangan kendaraan pengunjung menuju dan meninggalkan sirkuit.

Selain itu, harus turut terdapat langkah mitigasi untuk menghindari penumpukan kendaraan pribadi yang masuk ke kawasan ajang balap itu. Helson juga meminta agar sosialisasi dan pemasaran rumah tinggal yang dijadikan hunian (homestay) terus digencarkan.

"Jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak ketiga yang menaikkan harga homestay berkali-kali lipat seperti saat ajang MotoGP," kata Helson seperti dikutip dari Antara.

Helson pada Rabu ini, menurut keterangan KSP, memimpin rapat koordinasi (rakor) yang dihadiri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Polda NTB, Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita).

Selain soal kesiapan sirkuit, hunian, dan pengaturan sirkulasi penonton serta kendaraan, rakor juga membahas kesiapan di luar kawasan Mandalika seperti perkembangan pelebaran jalan Kuta-Keruak, penanganan banjir, dan kesiapan moda transportasi.

Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan terus mempersiapkan gelaran kedua World Superbike Indonesia Round, baik dari sisi kejuaraan balap maupun dari aspek acara sela (side event)

"Kami siap menyambut riders, racing team, promoter team, media, dan para penonton menikmati gelaran WSBK 2022 di kawasan kami," kata Ari Respati.

World Superbike (WSBK) Mandalika 2022 akan digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 11-13 November 2022. WSBK Indonesia menjadi seri ke-11 dari 12 balap (race) di WSBK 2022.



Simak Video "30 Ribu Tiket WSBK Sudah Terjual, 70% Penonton dari NTB"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA