Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 21 Okt 2022 12:04 WIB

TRAVEL NEWS

Pura Bersejarah juga Jadi Korban Banjir Bandang Bali

Putu Intan
detikTravel
Pura Campuhan Banjar Ganter terdampak banjir di Bali
Pura Campuhan Banjar Ganter terdampak banjir. Foto: Instagram @infomengwi
Jakarta -

Tak hanya menyebabkan hilangnya nyawa dan rusaknya bangunan, banjir bandang Bali juga berdampak pada pura-pura yang menjadi tempat ibadah umat Hindu.

Salah satu pura yang paling terdampak banjir bandang adalah Pura Campuhan di Banjar Ganter, Kabupaten Tabanan. Dilihat detikcom dari Instagram @infomengwi, banjir bandang yang berlangsung pada Senin (17/10) telah menenggelamkan bangunan pura.

"Detik-detik Pura Campuhan Banjar Ganter, Desa Adat Mengwi tergerus derasnya air akibat hujan yang melanda wilayah Mengwi dan sekitarnya, di mana ketinggian air mencapai 15 meter," tulis akun tersebut pada video yang menunjukkan terjangan banjir bandang.

[Gambas:Instagram]



Pura Campuhan di Banjar Ganter lokasinya berdekatan dengan Pura Taman Ganter yang didirikan Kerajaan Mengwi. Sementara itu, Pura Campuhan juga termasuk pura kuno dan sakral bagi masyarakat setempat.

Selain pura ini, tercatat ada 9 pura lainnya serta jalan dan jembatan di Kabupaten Tabanan yang juga rusak akibat banjir bandang. Gubernur Bali Wayan Koster sudah meninjau lokasi yang terdampak dan mengatakan akan segera memberikan bantuan.

Dilansir dari Antara, dalam skema penanganan dampak bencana, pendaan akan bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, dan APBD Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

"Apabila bencana ini sudah dinyatakan sebagai darurat bencana, maka kemungkinan bisa mendapat penanganan khusus lewat program APBN. Sehingga perbaikan Pura Campuhan di Banjar Ganter akan kami bahas skema bantuannya," kata Koster.

Sementara menunggu penanganan jangka panjang pascabanjir bandang di Kabupaten Tabanan, Koster mengaku akan lebih fokus pada penanganan korban bencana alam itu. Termasuk pemenuhan kebutuhan di pengungsian.

"Jadi penanganan sosial bagi korban terdampak bencana menjadi prioritas utama kami secara jangka pendek," ujarnya.

Lihat video 'Kerusakan Akibat Banjir dan Longsor di Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya