Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 01 Nov 2022 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Jembatan Gantung Ambruk dan Tewaskan Ratusan Orang

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Search and rescue work is conducted after a cable suspension bridge collapsed in Morbi town of western state Gujarat, India, Monday, Oct. 31, 2022. The century-old cable suspension bridge collapsed into the river Sunday evening, sending hundreds plunging in the water, officials said. (AP Photo/Ajit Solanki)
Foto: AP/Ajit Solanki
Jakarta -

Setidaknya ada 81 orang diperkirakan meninggal setelah sebuah jembatan gantung yang baru saja direnovasi tiba-tiba runtuh.

Dikutip dari Metro UK, sebuah jembatan gantung atau suspension bridge di India runtuh. Jembatan yang terletak di distrik Morbi, Gujarat ini baru saja dibuka untuk umum satu minggu sebelumnya. Selama enam bulan ke belakang, jembatan ini mengalami renovasi.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, jembatan yang menghubungkan dua tepian sungai Machchhu ini runtuh dan jatuh ke air. Menurut keterangan saksi, diperkirakan ada sekitar 400 orang di jembatan tersebut saat kejadian itu terjadi.

Dalam video tersebut nampak anak-anak dan para perempuan mencoba bertahan dengan berpegangan pada kabel. Mereka berupaya keras agar tak jatuh ke air.

Laporan awal menyebutkan bahwa ada 81 orang hilang ke dalam sungai. Mereka yang hilang ini dikhawatirkan tewas.

Namun dalam laporan terbarunya, Menteri Negara Bagian setempat menyebutkan bahwa setidaknya ada 132 orang tewas dalam kejadian ini. Otoritas setempat mengungkapkan kekhawatiran mereka akan kemungkinan bertambahnya jumlah korban.

Atas kejadian ini, operasi penyelamatan pun terus dilakukan. Pusat evakuasi dilakukan di distrik Morbi, Gujarat, kemudian berlanjut hingga sepanjang pantai barat India.

Jembatan yang telah ada sejak 100 tahun lalu itu diperkirakan mengalami kelebihan beban mengingat banyaknya orang yang berdiam di atasnya dalam waktu bersamaan.

Perdana Menteri India Narendra Modi yang saat itu berada di Gujarat mengungkapkan rasa dukanya melalui akun media sosial miliknya.

"Saya sangat sedih dengan tragedi yang terjadi di Morbi," tulisnya di akun Twitter pribadinya.

Melalui Twitternya ia juga menyampaikan bahwa operasi penyelamatan tengah berlangsung. Selain itu, ia mengatakan bahwa semua jenis bantuan terus diberikan pada semua yang terdampak.

"Operasi bantuan dan penyelamatan sedang berlangsung dengan lancar dan semua bantuan yang diperlukan diberikan kepada yang terkena dampak," dia menambahkan.



Simak Video "Jembatan Runtuh di Brasil, 3 Orang Tewas-15 Lainnya Hilang di Sungai"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA