Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Nov 2022 22:04 WIB

TRAVEL NEWS

Monyet di India Miliki Tanah Atas Nama Sendiri

Putu Intan
detikTravel
A group of langur monkeys sit on the branches of a tree in Pushkar in the western Indian state of Rajasthan on July 20, 2018. (Photo by HIMANSHU SHARMA / AFP)
Ilustrasi monyet di India. Foto: Photo by HIMANSHU SHARMA/AFP
Jakarta -

Monyet di India termasuk beruntung karena memiliki tanah dengan sertifikat atas nama mereka. Ini dilakukan karena warga desa menghormati para monyet.

Desa kecil bernama Upla yang terletak di Negara Bagian Maharastra, India, diketahui sangat menjunjung tinggi monyet. Mereka memperlakukan monyet selayaknya manusia sampai memberikan tanah untuk mereka.

Dilansir dari Oddity Central, Selasa (8/11/2022) Desa Upla memiliki lahan pertanian yang luas. Saking luasnya, mereka tak segan memberikan 32 hektar tanahnya kepada monyet-monyet. Setidaknya ada 100 monyet yang memiliki tanah atas nama mereka.

"Dokumen sementara dengan jelas menyatakan bahwa tanah itu milik monyet, tidak diketahui siapa yang membuat ketentuan untuk hewan ini dan kapan itu dilakukan," kata Kepala Desa Upla Bappa Padwal.

Desa berpenduduk 1.600 orang ini memastikan pemberian tanah untuk monyet sebagai bentuk cinta mereka kepada monyet. Menurut Bappa, habitat monyet di sekitar desa itu tengah terancam. Jumlah monyet saat ini di Desa Upla disebut hanya sekitar 100 ekor yang berbeda jauh dari jumlah di tahun-tahun sebelumnya.

Hal inilah yang mendorong penduduk desa rela memberikan tanah mereka dan mengatasnamakannya dengan nama monyet di Desa Upla. Langkah tersebut diambil guna menjaga habitat monyet di sana sekaligus sebagai bentuk penghormatan ke monyet.

"Desa ini adalah rumah bagi hampir 100 monyet sekarang dan jumlah mereka terus berkurang selama bertahun-tahun karena hewan-hewan itu tidak tinggal lama di satu tempat," ujar Bappa.

Kecintaan dan keprihatinan penduduk Desa Upla membuat mereka harus menyelamatkan habitat para monyet. Ini mengingat Desa Upla sudah menjadi rumah bagi monyet-monyet tersebut.

Selain memberikan tanah, penduduk desa juga kerap memberi makan monyet-monyet tadi. Tindakan ini dilakukan sebagai bentuk persahabatan antara manusia dengan monyet.



Simak Video "Viral HP Pengunjung Ragunan 'Dicuri' Siamang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA