Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Nov 2022 20:17 WIB

TRAVEL NEWS

JIS Jadi Venue Konser Internasional tapi Aksesnya Dinilai Masih Sulit Nih

Putu Intan
detikTravel
Malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 dihelat di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (25/6/2022). Warga pun mulai memadati JIS jelang malam puncak acara.
Jakarta International Stadium (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Selain menjadi tempat pertandingan sepakbola, Jakarta International Stadium (JIS) juga digunakan untuk konser skala besar. Sayangnya, akses ke sana dianggap masih sulit oleh pengguna angkutan umum.

JIS sudah beberapa kali dijadikan tempat berlangsungnya acara besar, mulai dari Grand Launching JIS hingga Salat Idul Adha 2022. Beberapa waktu lalu JIS juga menggelar acara Jisphoria yang mengundang artis Indonesia dan Korea Selatan. JIS juga rencananya akan menjadi tempat konser Dewa 19 pada bulan Februari nanti, yang awalnya direncanakan besok.

JIS boleh dikatakan punya sejumlah keunggulan dibandingkan venue-venue konser lainnya di Jakarta. Pertama tentu dari segi fasilitas yang mampu menampung hingga 82.000 orang. Lalu teknologi canggih seperti atap yang bisa dibuka-tutup juga jadi daya tarik stadion ini.

Hanya saja sejak awal lokasi JIS di Tanjung Priok, Jakarta Utara kerap dikeluhkan penikmat konser. Lokasinya sulit dijangkau transportasi umum. Di sisi lain, JIS hanya menyediakan 1.200 kantong parkir untuk kendaraan pribadi.

Sampai hari ini, ada 2 opsi transportasi umum yang dapat digunakan untuk mencapai JIS. Pertama menggunakan KRL menuju Stasiun Ancol atau Stasiun Tanjung Priok.

Namun dari kedua stasiun itu, traveler masih harus naik kendaraan seperti angkot, ojek, atau taksi online menuju JIS. Pasalnya jarak dari stasiun ke stadion masih sekitar 4 kilometer.

Lalu cara kedua adalah menggunakan TransJakarta. Ada 2 rute baru yang langsung membawa traveler ke JIS yakni JIS 014 (Senen-JIS) dan JIS 003 (Harmoni-JIS) yang biasanya beroperasi sampai jam 22.00 WIB.

Bagi penikmat konser, transportasi umum ini belum mampu mewadahi animo penonton yang tinggi saat hari H. Beberapa fans musik yang detikcom wawancarai punya kekhawatiran terjadinya chaos bila fasilitas transportasi masih minim.

"JIS di Tanjung Priok ya. Wah itu sih jauh karena nggak di tengah kota Jakarta. Kayak ICE BSD deh, aksesnya susah. Kereta jauh, nggak ada kendaraan umum. Kalau pulang konser saking ramainya traffic ojek/taksi online error semua," kata Meliana.

Senada dengan Meliana, Nadia juga mengungkapkan proses bubar konser itu jadi momen krusial. Biasanya terjadi kemacetan parah apalagi jika akses transportasi minim.

"TransJakarta sebaiknya bisa 24 jam. Apalagi keluar konser butuh waktu lama ya, nggak cukup 1 jam," ujarnya.

Harapan agar TransJakarta beroperasi lebih lama juga diutarakan Imah. Ini mengingat saat ini hanya TransJakarta yang dapat langsung mengangkut pengguna JIS keluar dari sana.

"Untuk akses ke JIS kalau ada event tolong transportasi massalnya disediakan dengan baik dan cukup. Misal TransJakarta diperbanyak saat ada event tertentu dan melayani 24 jam," ia mengusulkan.

Sementara itu, penikmat konser lain bernama Desta juga berharap JIS bakal dilewati moda transportasi umum lainnya, termasuk MRT dan LRT. Ini sangat berguna untuk memecah kepadatan.

"Setidaknya kalau entah ada MRT, LRT, busway, atau kendaraan umum yang bener-bener aksesnya mudah ke sana, orang jadi nggak perlu naik kendaraan pribadi. Jadi akan berkurang kemacetan," kata dia.

Cara ke JIS Naik TransJakarta

Dikutip dari laman instagram resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, berikut rute-rute busway untuk menuju ke JIS, di antaranya:

  1. Rute JIS 3 (JIS - Harmoni)
    Beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 - 10.00 WIB dan 15.00 - 21.00 WIB
  2. Rute 14 (JIS - Senen)
    Beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00 - 22.00 WIB
  3. Rute 10K (Tanjung Priok- Senen via Taman BMW)
    Beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00 - 22.00 WIB
  4. Jak 77 (Tanjung Priok - Jembatan Item)
  5. Jak 88 (Tanjung Priok - Ancol Barat)

Cara ke JIS Naik KRL


Stasiun terdekat dari JIS adalah Stasiun Ancol dan Stasiun Tanjung Priok. Jarak dari Stasiun Ancol ke JIS yakni 3,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Sedangkan, dari Stasiun Tanjung Priok ke JIS jaraknya 4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit

Untuk kalian yang turun dari Stasiun Ancol dan Stasiun Tanjung Priok menuju JIS, bisa naik mikrolet M15 dengan jurusan Kota-Tanjung Priok, kemudian turun langsung di area dekat JIS. Selain mikrolet, kamu juga bisa melanjutkan ke JIS dari kedua stasiun tersebut dengan transportasi online

Untuk kalian yang datang Stasiun Bekasi, harus melakukan transit dua kali di Stasiun Manggarai lalu naik ke Jakarta Kota. Dari Jakarta Kota, naik kereta tujuan Ancol dan Tanjung Priok

Untuk kalian yang datang dari Stasiun Bogor dan Depok, dapat langsung naik KRL ke arah Stasiun Jakarta Kota. Kemudian, transit dengan melanjutkan kereta tujuan Ancol dan Tanjung Priok

Untuk kalian yang datang dari Stasiun Tangerang, harus melakukan transit dua kali. Kamu harus menuju ke Stasiun Duri terlebih dahulu, lalu transit kembali ke tujuan Stasiun Kampung Bandan. Kemudian, dari Stasiun Kampung Bandan dapat langsung naik kereta tujuan Ancol dan Tanjung Priok.

Untuk kalian yang datang dari Stasiun Tanah Abang harus melakukan transit dua kali. Kamu harus menuju ke Stasiun Duri terlebih dahulu untuk transit ke Stasiun Kampung Bandan, kemudian melanjutkan perjalanan ke Stasiun Ancol dan Stasiun Tanjung Priok.



Simak Video "Konser Dewa 19 di JIS yang Dihujani Kritikan Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya