Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 12 Nov 2022 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Bule Nyaris Jatuh ke Kawah Ijen, BKSDA Pernah Pasang Larangan tapi Hilang

Ardian Fanani
detikTravel
Wisatawan nyaris jatuh ke kawah ijen saat mau berfoto di pohon kering
Wisatawan nyaris jatuh ke kawah ijen saat mau berfoto di pohon kering (Foto: tangkapan layar video viral )
Jakarta -

Seorang wisatawan pria nyaris jatuh ke Kawah Ijen saat hendak berfoto di pohon kering di pinggir tebing. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menyatakan pihaknya sebenarnya sudah memasang rambu peringatan bahaya di area pohon-pohon kering tersebut.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi Purwantono mengaku baru mengetahui informasi itu. Pihaknya sedang mencari siapa wisatawan yang melakukan aksi berbahaya itu.

"Kami baru mengetahui informasi itu," kata Purwantono kepada wartawan, Jumat (11/11/2022).

Agar tidak terulang lagi BKSDA akan menyiagakan petugas di puncak Kawah Ijen.

"Tetap kami imbau melalui petugas lapangan agar pengunjung berhati-hati dan tidak berada di titik-titik bahaya," tegasnya.

Suhu dingin melanda Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen. Suhu terendah di kawasan wisata yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso itu mencapai 3 derajat celsius.Suhu dingin melanda Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen. Suhu terendah di kawasan wisata yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso itu mencapai 3 derajat celsius. Foto: Ardian Fanani/detikJatim

Menurutnya BKSDA sebenarnya sudah memasang papan peringatan di sejumlah titik red zone atau zona merah yang dinilai berbahaya bagi pengunjung. Termasuk di lokasi foto kayu kering tempat wisatawan tersebut nyaris jatuh ke jurang. Purwantono menegaskan area itu sangat berbahaya bagi wisatawan.

"Memang untuk di lokasi pohon (yang viral), pernah kami pasang papan peringatan karena lokasinya tepat di bibir Kawah Ijen dan sangat berbahaya bagi manusia," ujarnya.

Namun, dia menyebutkan bahwa kondisi papan peringatan itu saat ini memang tidak ada lagi di lokasi.

"Spanduknya entah hilang atau gimana. Nanti kami tugaskan lagi kepada petugas agar memasang kembali papan peringatan itu," imbuhnya.

Lebih jauh Purwantono mengimbau wisatawan di Kawah Ijen tetap mengutamakan keselamatan. Karena tidak ada yang lebih berharga dari nyawa.

[Gambas:Instagram]



Kronologi bule hampir jatuh

Sebelumnya, seorang wisatawan nyaris jatuh ke Kawah Ijen saat nekat naik pohon kering di bibir kawah diduga demi mendapatkan spot foto nyentrik.

Momen jatuhnya wisatawan itu terekam video yang kemudian diunggah pertama kali oleh akun instagram @mr_saptohadi dan viral di media sosial.

Akun itu mengingatkan kepada siapa pun yang hendak ke Kawah Ijen agar lebih berhati-hati dan menjaga keselamatan dirinya. Serta tidak sekali-kali meniru aksi nekat pria di video itu.

"Dear anyone wants go to Ijen, Warning! Beware! Please save your life, do not try this if want to go Ijen Crater, se take care! Free to share the content to remind anyone to be safe in future," tulis akun itu.

Dalam video itu pria yang nyaris jatuh itu terlihat memakai kerpus dan masker. Ia naik ke batang pohon kering di bibir Kawah Ijen lalu bersandar di salah satu dahan.

Sementara, kedua kakinya memijak ke dahan yang lain bahkan sempat menaikkan kaki kirinya agak ke atas. Pada saat berpose dengan mengangkat kedua tangannya, dahan kering yang jadi sandaran itu tiba-tiba patah hingga membuatnya jatuh ke tanah.

Beruntung pria itu berhasil meraih batang pohon yang sempat dipijak dengan kakinya hingga akhirnya selamat dari maut.

Artikel ini telah tayang di detikJatim.



Simak Video "Adu Cepat Sebrangi Selat, Banyuwangi Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA