Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 12 Nov 2022 17:15 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Malam, Pilot Bisa Landing Tanpa Lihat Tanah, Lho!

bonauli
detikTravel
Two pilots at work during departure of Dallas Fort Worth Airport in United States of America. The view from the flight deck with high workload the beginning night through the wind shield
Ilustrasi kokpit (iStock)
Jakarta -

Seorang pilot mengungkapkan fakta menarik tentang pesawat saat mendarat di malam hari.

Dilansir dari The Sun, Pilot Mark Vanhoenacker mengungkapkan dalam bukunya How to Land a Plane, bahwa mendaratkan pesawat di malam hari sangatlah sulit.

"Sebagian besar dari kita menganggap bandara sebagai tempat yang cukup terang dan memang benar bahwa area apron di sekitar gedung terminal sangatlah terang,"

Tapi taxiway dan landasan pacu dinilai tidak terlalu terang sehingga memilih lapangan terbang di malam hari, terutama di lanskap perkotaan sering kali mendapat tempat yang sangat gelap.

Mark mengatakan bahwa mereka terkadang mendarat tanpa bisa melihat tanah, namun tenang saja karena tetap aman. Para pilot menggunakan peralatan seperti sensor cuaca pesawat instrumen penerbangan.

Bahkan sistem navigasi pun menjadi alat membantu mereka saat mendarat di malam hari.

"Jika jarak pandang sangat buruk, pesawat akan melakukan pendaratan instrumen, jadi menggunakan sistem di kokpit daripada melakukannya melalui penglihatan saja," ungkapnya.

Dalam hal ini, pilot akan mengandalkan informasi dari layar mereka di kokpit untuk mendarat.



Simak Video "Penampakan Ratusan Paus Terdampar di Pantai Barat Tasmania"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA