Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 14 Nov 2022 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Lagi Wajib Vaksin Meningitis Bagi Jamaah Umrah

Umat Islam berdoa di depan Kabah saat mengikuti ibadah umroh di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Rabu (26/10/2022). Ibadah umroh merupakan ibadah ziarah ke kota Mekkah dengan melaksanakan beberapa amalan mulai dari niat atau ihram, tawaf, sai hingga diakhiri dengan memotong rambut atau tahalul. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI menyatakan vaksin meningitis tak lagi wajib bagi warga yang ingin melaksanakan ibadah Umrah. Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor Hk.02.02/C.I/9325/2022 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis Bagi Jamaah Haji Dan Umrah.

"Vaksinasi Meningitis Meningokokus merupakan suatu keharusan bagi mereka yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa haji dan tidak menjadi keharusan bagi mereka yang datang menggunakan visa umrah," demikian isi surat edaran tersebut seperti yang diterima detikcom, Senin (14/11/2022).

Meski tak lagi diwajibkan, calon jemaah Umrah tetap disarankan melakukan vaksinasi meningitis jika memiliki riwayat penyakit komorbid. Pemerintah juga tetap menyediakan layanan vaksin Meningitis di fasilitas kesehatan.

"Untuk jemaah umrah yang memiliki komorbid, sangat direkomendasikan untuk melaksanakan vaksinasi Meningitis Meningokokus dan vaksinasi lainnya di fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan layanan vaksinasi internasional," lanjut edaran tersebut.

Sebelumnya Kemenkes sepakat akan mengikuti pedoman yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) mengenai regulasi baru terkait prasyarat kesehatan keberangkatan haji dan umrah.

Seperti diketahui Arab Saudi telah mengeluarkan berbagai kelonggaran terkait kebijakan Umrah salah satunya terkait vaksin Meningitis.

"Saat ini kita pakai pedoman yang dikeluarkan Kementerian Agama, kita ikutin supaya jamaah kita tidak jadi terhambat ibadahnya karena masalah ini," kata Syahril dalam konferensi pers daring melalui kanal YouTube Kemenkes RI, Kamis (10/11/2022).



Simak Video "Kemenag soal Pria Sulsel Lecehkan Jemaah Umrah: Ada Saksi-CCTV"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA