Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 15 Nov 2022 08:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Sejarah Pohon Sala yang Ditanam Jokowi-MBZ di Masjid Sheikh Zayed

Tim detikJateng
detikTravel
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan di Solo, Senin (14/11/2022).
Foto: Presiden Jokowi dan Presiden UEA (YouTube Sekretariat Presiden)
Solo -

Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan menanam pohon Sala saat meresmikan Masjid Sheikh Zayed di Solo. Begini sejarahnya:

Menurut jurnal 'Surakarta: Perkembangan Kota Sebagai Akibat Pengaruh Perubahan Sosial Pada Bekas Ibukota Kerajaan di Jawa' (Jurnal Lanskap Indonesia Vol 2 No 2, 2010) yang diakses pada Senin (14/11/2022), dalam buku-buku kuno ada tiga arti istilah Sala, yang menjadi kata dasar sebutan Solo untuk Kota Surakarta, .

Dalam jurnal karya Suci Nur Aini Zaida dan Nurhayati H. S. Arifin, dua peneliti dari Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) itu dituliskan salah satu buku kuno yang menyebut istilah Sala adalah kamus Mac Donell (1924: 312).

Dalam kamus tahun 1924 itu dijelaskan, Sala dalam bahasa Latin bernama Vatica Robusta, dan dalam bahasa Sansekerta disebut Cala. Menurut jurnal itu, penjelasan lanjut tentang pohon Sala dapat dilihat pada tulisan William Rosbergh (1755- 1819).

"...mengenai ciri-ciri pohon Sala antara lain kayunya lurus, tebal, tingginya bisa mencapai 30 kaki, berdaun halus dan berwarna hijau muda serta berbentuk bulat," dikutip dari jurnal tersebut.

Selain itu juga dijelaskan bahwa pohon Sala bunganya banyak, berwarna kuning dan berbentuk malai, biji tunggal berbentuk bulat telur sebesar biji kacang tanah.

Pohon Sala banyak tumbuh di daerah India, yaitu di Calcutta dan Morung. Nama lain dari Sala adalah Sal (Bombay), Shalam (Tamil), Salwa (Urija).

Menurut jurnal tersebut, di Indonesia tidak tumbuh pohon Sala. Di Indonesia adanya pohon Salam yang daunnya dapat digunakan untuk penyedap masakan. Dalam jurnal itu juga disebutkan bahwa bekas-bekas pohon Sala di Kota Sala tidak ada.

"Maka kemungkinan besar yang dimaksud dengan pohon Sala adalah pohon Salam tersebut, karena ciri-ciri pohon Sala hampir sama dengan pohon Salam dan diperkirakan di Desa Sala dahulu banyak terdapat pohon Salam," dikutip dari Jurnal Lanskap Indonesia (2010: 83).


-----

Artikel ini telah naik di detikJateng dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Prabowo hingga Yaqut Hadiri Peresmian Masjid Sheikh Zayed Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya