Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 14 Nov 2022 10:06 WIB

TRAVEL NEWS

Lihat Kemegahan Masjid Sheikh Zayed yang Diresmikan Jokowi dan Presiden UEA

Solo -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al-Nahyan telah meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan Solo. Masjid ini terlihat megah.

Sebelum peresmian masjid, kedua pemimpin negara sempat melaksanakan salat tahiyatul masjid dan melakukan penanaman pohon. Keduanya tiba di area masjid sekitar pukul 07.00 WIB. Presiden Jokowi dan UEA satu mobil menggunakan mobil kepresidenan jenis Mercedez-Benz S600.

Setelah menyapa sejumlah tamu undangan kemudian keduanya menuju ke tempat yang sudah disiapkan untuk melaksanakan salat tahiyatul masjid.

Seusai salat, Jokowi dan Mohamed bin Zayed menandatangani prasasti yang telah disiapkan. Setelah tanda tangan dilakukan dilanjutkan dengan pembacaan doa. Pembacaan doa dipimpin langsung Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan di Solo, Senin (14/11/2022).Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan menanam pohon saat meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan di Solo, Senin (14/11/2022). Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Setelah pembacaan doa rampung, prosesi dilanjutkan dengan penanaman pohon sebagai simbol persahabatan kedua negara. Kedua pemimpin negara itu menuju ke lokasi penanaman pohon yang sudah disiapkan oleh panitia.

Usai penanaman pohon keduanya tampak berbincang dan berfoto bersama. Jokowi dan MBZ juga terlihat berbincang tampak akrab.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan di Solo, Senin (14/11/2022).Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan di Solo, Senin (14/11/2022). Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Profil Masjid

Masjid ini berdiri di lahan seluas 3,6 hektare dan bisa menampung 10 ribu orang. Masjid pemberian Pangeran UEA ini dibangun dengan anggaran sekitar Rp 300 miliar. Sementara lahan parkirnya yang luas bisa menampung 28 armada bus.

Dilansir dari surakarta.go.id, Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan terdiri dari bangunan masjid, ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, dan basement yang digunakan untuk tempat wudhu putra dan putri.

Arsitektur yang diusung dalam bangunannya dibuat mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Masjid Sheikh Zayed di Solo juga dirancang memiliki 4 menara dan 1 kubah utama.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan di Solo, Senin (14/11/2022).Interior masjid Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Adapun kubah-kubah kecil dan ornamen bangunan khas Timur Tengah. Arsitektur Islam modern Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini menggambarkan persahabatan antara UEA dan Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan di Solo, Senin (14/11/2022).Interior masjid Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Artikel ini sudah naik di detikJateng, klik di sini untuk baca selengkapnya.

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya