Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 16 Nov 2022 17:03 WIB

TRAVEL NEWS

Joe Biden: Mendarat di Bali dengan Senyum Sumringah-Enggan Pulang

Tim detikcom
detikTravel
U.S. President Joe Biden and Indonesian President Joko Widodo meet on the sidelines of the G20 summit meeting, Monday, Nov. 14, 2022, in Bali, Indonesia. (AP Photo/Alex Brandon)
Foto: AP/Alex Brandon
Jakarta -

Presiden AS Joe Biden telah meninggalkan Bali setelah menghadiri KTT G20. Tentu kita masih ingat seperti apa senyuman Joe Biden saat menginjakkan kaki di Bali 2 hari yang lalu.

Joe Biden mendarat di Bali pada Minggu malam (13/11/2022) dan terbang menggunakan Air Force One. Biden menjadi salah satu kepala negara yang hadir dalam KTT G20.

Saat turun dari pesawat, Biden tersenyum sumringah disambut Tari Pedet. Dengan mengenakan jas dan setelan formal, Biden turun dari pesawat Air Force One dan langsung berjalan dikawal sejumlah dan langsung meninggalkan bandara menuju tempat penginapan.

Bali nampaknya memberikan kesan mendalam bagi Joe Biden. Selama di Bali untuk kunjungan KTT G20, Biden merasa betah. Presiden dari Partai Demokrat itu melontarkan candaan kepada Presiden Jokowi bahwa dirinya tidak ingin pulang ke Amerika Serikat.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022). Kedatangan Presiden Amerika Serikat tersebut untuk mengikuti KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November. ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/nym.Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022). Kedatangan Presiden Amerika Serikat tersebut untuk mengikuti KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November. ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/nym. Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA

"Saya tidak berpikir saya akan pulang," canda Biden kepada Jokowi dalam pertemuan kedua pemimpin, menunjukkan antusiasme pada pantai yang membentang di luar hotel yang menjadi tempatnya menginap, seperti dilansir AFP, Selasa (15/11/2022).

Saat menggelar konferensi pers pada Senin (14/11) malam di area taman tropis di kompleks hotel, kata-kata pertama Biden yang diucapkan kepada wartawan adalah: "Selamat datang di Bali."

Namun sepertinya Presiden AS ini tidak bisa menikmati indahnya Bali lebih lama lagi. Dia pun harus balik ke negaranya dan telah meninggalkan Bali siang tadi.

Berdasarkan tayangan video di Media Center KTT G20, Rabu (16/11/2022), pesawat air force one berwarna biru dan berkelir putih meninggalkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Ada bendera Amerika di bagian belakang pesawat tersebut.

Biden sebelumnya menghadiri rangkaian KTT G20 di The Apurva Kempinski Bali pada Selasa (15/11) kemarin. Namun dia tidak hadir saat jamuan makan di Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Presiden Joe Biden dalam pertemuan bilateral di Nusa Dua, Bali Senin (14/11/2022). (Setpres RI)Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Presiden Joe Biden dalam pertemuan bilateral di Nusa Dua, Bali Senin (14/11/2022). (Setpres RI) Foto: Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Presiden Joe Biden dalam pertemuan bilateral di Nusa Dua, Bali Senin (14/11/2022). (Biro Pers Setpres RI)

Pagi tadi, Biden juga mengikuti agenda kunjungan di Taman Hutan Raya Bali. Setelah itu, dia kembali ke hotel.

Biden tidak hadir dalam sesi II KTT G20 di The Apurva Bali. Tak hanya Biden, beberapa pemimpin dunia lainnya juga diwakili.

Informasi mengenai kepulangan Biden juga disampaikan sebelumnya Kepala Bidang Penerangan Umum Puspen TNI Kolonel Marinir Gugun Saeful Rahman. Biden pulang pada siang ini pukul 13.45 Wita.

Semoga di lain kesempatan Joe Biden bisa berlama-lama menikmati keindahan Bali.



Simak Video "Momen Jokowi Sigap Menahan Biden yang Tersandung Tangga"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA