Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 17 Nov 2022 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Toilet Pesawat Dibersihkan, Hanya Jika Memungkinkan

bonauli
detikTravel
Toilet di pesawat
Ilustrasi toilet pesawat (Getty Images/iStockphoto/gerenme)
Jakarta -

Serba-serbi penerbangan selalu menarik untuk dibaca, apalagi soal toiletnya. Kali ini traveler harus tau fakta lain soal toilet pesawat.

Dilansir dari The Express, ada seorang mantan pramugari menjelaskan soal kebersihan kamar mandi. Tak mau disebutkan namanya, pramugari ini mengatakan ada waktu tertentu kapan toilet pesawat dibersihkan.

Dalam dunia penerbangan ada yang namanya Turnaround atau perputaran waktu sejak pesawat mendarat hingga akan lepas landas untuk penerbangan baru. Biasanya Turnaround memakan waktu 25 menit sampai 3 jam.

Pesawat akan parkir, pramugari membersihkan kabin, mengganti katering mengisi bahan bakar pesawat dan menaikkan penumpang baru. Membersihkan toilet pun dilakukan dalam waktu sekejap.

"Kadang-kadang ini berarti bahwa pembersihan toilet pesawat yang menyeluruh tidak memungkinkan karena kurangnya waktu dan prioritas yang lebih tinggi," jelasnya.

Umumnya, hanya bilik yang dibersihkan dengan cepat sebelum penerbangan. Barulah saat terbang, toilet dicek setiap setengah jam atau sejam sekali.

Tapi beda cerita dengan pengosongan tangki limbah pesawat. Ukuran tangki pesawat berbeda tergantung jenis pesawatnya.

"Tangki ini seharusnya dikosongkan setelah pesawat mendarat tetapi tahun 2022 menjadi tahun yang sibuk, seringkali tangki dikosongkan beberapa hari sekali," ungkapnya.

Padahal, jika tangki limbah meluap, maka ada risiko pipa pecah dan isinya masuk ke pesawat. Kejadian ini pernah terjadi sebelumnya.

Namun traveler tenang saja, karena pihak maskapai sudah mengecek terlebih dahulu tangki limbah sebelum berangkat. Jadi penumpang tetap bisa menggunakan toilet tanpa takut meluap.



Simak Video "Warga Evakuasi Pesawat SAM Air yang Tergelincir di Beoga Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya