Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 20 Nov 2022 15:31 WIB

TRAVEL NEWS

Pura Mangkunegaran Bangunan Bersejarah Tempat Pernikahan Kaesang dan Erina

Tim detikcom
detikTravel
Istana Raja Solo
Pura Mangkunegaran (Foto: Brigida Emi Lilia/d'Traveler)
Jakarta -

Sejumlah menteri meninjau Pura Mangkunegaran. Nantinya, salah satu bangunan ikonik di Solo itu digunakan sebagai lokasi ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono.

Salah satu menteri yang terlihat hadir meninjau Pura Mangkunegaran adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Dari pantauan detikJateng, para menteri tiba di Pura Mangkunegaran sekitar pukul 11.05 WIB. Selain Erick Thohir, tampak Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Selain itu, juga didampingi oleh KGPAA Mangkunegara X, Kapolda Jawa Tengah Achmad Luthfi, Danrem 074 Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman serta Kapolresta Solo Kombes Iwan Saktiadi.

Menteri BUMN Erick Thohir di Pura Mangkunegaran, Minggu (20/11/2022), untuk mengecek calon lokasi pernikahan Kaesang-Erina di Solo.Menteri BUMN Erick Thohir di Pura Mangkunegaran, Minggu (20/11/2022), untuk mengecek calon lokasi pernikahan Kaesang-Erina di Solo. (Tara Wahyu NV/detikJateng)

Tiba di Pura Mangkunegaran, Erick dan rombongan mengecek di Pendopo Ageng, lanjut ke halaman Pura Mangkunegaran dengan mengitari rute yang akan dilewati tamu.

"Ya memang ada dua persiapan yang harus dipastikan. Satu memang ini kan nanti ada kegiatan buat masyarakat, hiburan untuk masyarakat, tetapi ada pernikahan (Kaesang dan Erina)," kata Erick di Pura Mangkunegaran, Minggu (20/11/2022).

Erick mengungkapkan kesiapan di Pura Mangkunegaran dipimpin langsung oleh Mangkunegara X sudah baik dan tinggal melengkapi hal kecil.

"Tadi ngecek panggung di mana, perputaran tamu di mana, masyarakat yang ikut serta di mana, supaya semua baik. Jangan sampai ada acara besar malah menyulitkan masyarakat. Justru ingin bersatu dengan masyarakat," dia menjelaskan.

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono dipastikan tanggal 10 Desember 2022. Kaesang mengungkapkan ada 3.000 undangan pernikahannya.

Pura Mangkunegaran merupakan istana resmi Kadipaten Mangkunagaran dan tempat kediaman para Adipati Mangkunagaran. Pura itu berada di Keprabon, Surakarta, Jawa Tengah.

Kini, selain menjadi tempat tinggal Adipati Mangkunagaran, pura ini juga memiliki museum dan bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Merujuk visijawatengah, Pura Mangkunegaran dibangun pada 1757 oleh Raden Mas Said atau lebih terkenal dengan nama Pangeran Samber Nyawa, yang kemudian menjadi Pangeran Mangkunegoro I.

Bangunan ini memiliki arsitektur Jawa kuno, Joglo, dengan seluruh bangunan dibuat dengan kayu. Secara arsitektur kompleks bangunannya memiliki bagian-bagian yang menyerupai keraton, seperti memiliki pamédan, pendapa, pringgitan, dalem, dan keputrèn. Seluruh kompleks dikelilingi oleh tembok, hanya bagian pamédan yang diberi pagar besi.



Simak Video "2 Opsi Venue Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA