Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 20 Nov 2022 16:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kegendutan, Ozon si Orang Utan di Bunbin Bandung Harus Diet

Sudirman Wamad
detikTravel
Ozon, orang utan legendaris di Kebun Binatang Bandung.
Ozon, orang utan legendaris di Bunbin Bandung (Foto: Wisma Putra/detikJabar)
Bandung -

Ozon, orang utan legendaris di Kebun Binatang (Bunbin) Bandung harus diet. Sebabnya, orang utan 32 tahun itu kegendutan.

Orang utan Kalimantan itu ditempatkan di kandang paling ujung, persis di samping kandang gajah. Saat detikJabar berkunjung di kandang Ozon, ia tak pernah pindah tempat. Ozon santai di tengah-tengah kandang. Gerakannya begitu lambat.

Ozon memang tidak lincah. Berat badannya mencapai 110 kilogram.

Katanya, berat badan Ozon ini paling bongsor ketimbang orang utan Kalimantan lainnya di Bunbin Bandung. Program diet pun sedang dijalani Ozon. Itu dilakukan demi kesehatan Ozon. Terlebih lagi, usai Ozon yang sudah tak muda.

"Pertama datang mah berat badannya biasa. Sekarang lebih besar, ya gendut," kata keeper Ozon, Damar (22) saat berbincang dengan detikJabar belum lama ini.

"Dari sekian banyak orang utan di Bandung Zoo, Ozon ini yang terlalu besar badannya," Damar menambahkan.

Damar mengatakan karena tubuh yang besarnya, Ozon terlihat aneh saat tiduran dan bersantai. Ia juga tampak lebih santai ketimbang orang utan Kalimantan lainnya. Damar berkelakar Ozon tampak seperti boneka orang utan saat santai di kandang. Sebab, Ozon tak banyak gerak.

"Ya gitu diam saja. Sekarang kita atur porsi makannya. Jadi, porsi makan Ozon ini tidak boleh kelebihan. Ya benar, bisa dibilang sedang diet," kata Damar.

Damar mengaku tak tahu persis berat badan Ozon. Ia juga mengingatkan pengunjung agar tertib saat berkunjung ke Bunbin Bandung. Salah satunya tidak memberikan makanan ke satwa.

Menurut Damar, Ozon punya perilaku yang bisa menarik perhatian pengunjung untuk memberi makan. Ozon kerap menjulurkan tangannya ke arah pengunjung. Ozon seakan meminta makanan ke pengunjung. Damar meminta agar pengunjung tidak memberikan makanan meski Ozon menunjukkan sikap tersebut.

"Kalau primata kan beda sama satwa herbivora lain ya. Jadi, Ozon ini sering menyodorkan tangannya ke pengunjung. Padahal, Ozon ini sudah dikasih makan, misalnya makan pagi. Kan kita sudah atur porsi makannya, ya jadi jangan memberi makanan ke satwa," ujar Damar.

Sekadar diketahui, Ozon ini pernah viral karena merokok. Video Ozon merokok ini beredar di media sosial. Kejadian itu terjadi pada 2018 silam. Ozon menjadi korban kelakuan pengunjung yang tak bertanggung jawab. Pengunjung itu melemparkan rokok ke kandang Ozon.

***

Artikel ini juga tayang di detikJabar. Selengkapnya klik di sini.



Simak Video "Gemasnya Parti Kejora, Bayi Orang Utan Kalimantan di Serulingmas Zoo"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA