Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 20 Nov 2022 22:10 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Mobil Pikap Keliaran di Gili Trawangan, Ternyata Disewa TNI

Ahmad Viqi
detikTravel
Mobil pikap yang terekam masuk di Gili Trawangan.
Foto: Mobil pikap yang terekam masuk di Gili Trawangan. (Istimewa)
Lombok Utara -

Sudah jadi rahasia umum kendaraan bermotor dilarang di Gili Trawangan. Namun beredar viral mobil pikap keliaran di pulau itu. Ternyata, mobil itu disewa TNI.

Gili Trawangan, pulau cantik di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan destinasi wisata yang melarang adanya kendaraan bermotor digunakan di sana.

Namun beredar video di media sosial sebuah mobil pikap dengan nomor polisi DR 8002 DA wara-wiri di Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.

Kepala Desa Gili Indah, Wardana pun menanggapi soal keberadaan pikap tersebut. Menurut Wardana, video pikap wara-wiri yang tersebar di media sosial itu, untuk mengangkut barang-barang di Gili Trawangan, bukan untuk mengangkut penumpang.

Mobil pikap itu adalah mobil yang sengaja dipesan oleh petugas keamanan TNI untuk mengangkat barang menuju atas bukit di Gili Trawangan.

"Sengaja dibawa ke Gili Trawangan pada Rabu (16/11) kemarin untuk keperluan pengangkutan barang-barang material milik petugas keamanan di Gili," kata Wardana, Minggu (20/11/2022).

Menurutnya, mobil itu memang sengaja dipesan oleh TNI untuk angkut barang.

"Jadi kalau sudah dipakai tinggal diantar ke pinggir lagi," kata Wardana,

Menurut Wardana selama mobil tidak digunakan mengangkut penumpang masih dapat ditoleransi digunakan di Gili Trawangan. Dia pun mengaku jika membawa barang menggunakan tenaga manusia ke atas bukit di Gili Trawangan sangat tidak memungkinkan.

"Tidak dipakai berkeliaran kok. Itu hanya dipakai angkut barang ke atas bukit. Kalau sudah dipakai dibawa balik lagi," kata Wardana.

Terpisah, Ketua Gili Hotel Association (GHA) Lalu Kusnawan mengatakan mobil pikap yang berada di Gili Trawangan itu hanya dipakai sementara oleh TNI untuk mengangkut alat-alat berat dari kaki bukit menuju ke atas bukit.

"Jadi info yang kami terima alat-alat itu tidak memungkinkan diangkut secara manual ke atas bukit. Itu barang negara untuk pengamanan jalur laut selat Bali-Lombok," kata Kusnawan.

Menurut Kusnawan mobil pikap itu hanya bersifat sementara. Selama digunakan di Gili Trawangan, mobil pikap itu juga tidak menggangu pengguna jalan di Gili Trawangan.


----

Artikel ini telah naik di detikBali dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Siap Dibawa Kerja Keras! Ini Wujud Wuling Formo Max"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA