Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Nov 2022 11:30 WIB

TRAVEL NEWS

Tiiing... Mesin Detektor Temukan Cincin Kuno Seharga Rp 600 Juta

Syanti Mustika
detikTravel
Cincin The Lady Brook Medieval
Foto: (dok Noonans)
Thorncombe, Chard, Britania Raya -

Mesin detektor logam ini membuat pemiliknya tersenyum riang. Kenapa tidak, mesin ini mendeteksi cincin kawin abad pertengahan yang ditaksir bernilai ratusan juta.

Dilansir dari CNN, Selasa (22/11/2022) sebuah cincin kawin berlian berhasil terdeteksi mesin pendeteksi logam di Inggris, tepatnya di Thorncombe, di Barat Daya negara itu. Cincin ini utuh lho.

Cincin tersebut ditemukan oleh David Board (69) saat dia menjelajahi pantai setempat. Cincin ini pun mendapat julukan 'temuan langka seumur hidup' bagi dirinya.

Rumah lelang Noonans mengatakan sekarang cincin ini akan terjual antara £30.000 dan £40.000 saat dilelang akhir bulan ini.

David menemukan cincin ini tahun 2019, di hari kedua mencari 'harta karun' di daerah tersebut. Dia saat itu hampir menyerah karena dari kemarin dia tidak menemukan apapun. Namun tiba-tiba mesin detektor mendeteksi sesuatu.

Awalnya tampak seperti bungkus manisan, namun David menyadari jika itu adalah cincin. Semula dia mengira ini hanyalah besi tua, namun saat dia mencucinya terlihatnya harta karun yang dia temukan ini.

"Cincin itu dalam kondisi hampir sempurna," kata Nigel Mills, seorang konsultan koin dan barang antik di Noonans.

Cincin The Lady Brook MedievalCincin The Lady Brook Medieval Foto: (dok Noonans)

Perhiasan itu memiliki lingkaran emas dari dua pita yang terjalin untuk melambangkan persatuan perkawinan dan berlian terbalik yang dipasang di dalamnya.

Di bagian dalam terdapat ukiran prasasti Prancis abad pertengahan yang berbunyi 'Ieo vos tien foi tenes le moy' yang diterjemahkan sebagai 'Saya memegang kesetiaanmu, pegang kesetiaan saya'.

Karena lokasi penemuan dan kualitas cincin tersebut, para ahli Noonans menduga bahwa itu adalah cincin pernikahan Joan Brook, yang diberikan oleh suaminya Thomas Brook.

Pernikahan mereka pada tahun 1388 membawa kekayaan besar bagi keluarga Brook, karena Joan adalah janda Robert Cheddar, seorang pedagang kain kaya dan dua kali menjabat walikota Bristol, sebuah kota di Inggris barat.

Cincin ini pun dikenal dengan nama The Lady Brook Medieval, sebuah cincin berlian yang akan dilelang 29 November nanti. Siapa ya yang akan membelinya?



Simak Video "Liz Truss, PM Terakhir yang Ditunjuk Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA