Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Nov 2022 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Enggak Masuk Piala Dunia 2022, Tapi Warga Negara Ini Tetap ke Qatar

bonauli
detikTravel
Supporters attend the Qatar 2022 World Cup Group A football match between Senegal and the Netherlands at the Al-Thumama Stadium in Doha on November 21, 2022. (Photo by Kirill KUDRYAVTSEV / AFP) (Photo by KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP via Getty Images)
Suporter bola di Piala Dunia Qatar 2022 (AFP via Getty Images/KIRILL KUDRYAVTSEV)
Doha -

Piala Dunia 2022 Qatar memang fenomenal. Fans bola dari seluruh dunia datang meskipun negaranya tak masuk dalam daftar pertandingan.

Akomodasi hotel dan tenda sempat jadi perbincangan sebelum Piala Dunia Qatar 2022 dimulai. Larangan adanya bir, alkohol, dan semua tanda LGBT pun sempat mengguncang perhatian dunia.

Di balik semua kontroversi, Piala Dunia Qatar 2022 berlangsung cukup meriah. Bahkan, ditemukan fans-fans bola fanatik yang datang untuk menonton.

Dilansir dari CNN, ada beberapa warga negara yang nama negaranya tidak ikut bermain. Mereka datang ke Qatar murni untuk menonton bola saja.

Ada beberapa 'aliran' yang ditemukan yang pertama adalah fans negara lain. Minggu lalu saat Inggris main, suporternya menjadi buah bibir. Mereka dikatakan sebagai fans bola palsu.

Penyelenggara Qatar 2022 dan FIFA serentak membantah klaim itu. Suporter India yang ada saat itu memang benar-benar fans bola.

"India tidak ikut turnamen, tapi kami selalu mencintai Inggris. Kami biasa menonton David Beckham bermain, jadi kami bersemangat untuk Inggris di Qatar," kata supertor India.

Tah hanya suporter India, Ali Abbadi, yang berasal dari Yordania pun rela datang ke Qatar padahal negaranya tak ikut main.

"Saya di sini karena ini kesempatan bagus dan sangat dekat dengan negara kami," kata dia.

Ali mengatakan bahwa pada Piala Dunia 2018 lalu terlalu jauh untuk digapai karena berada di Rusia.

'Aliran' yang lainnya adalah fans Messi. Fans yang mengenakan jersey Argentina dengan nama Messi jadi yang paling poppuler di Doha pada minggu ini. Karena Argentina melawan Arab Saudi pada Selasa (22/11).

Ini tidak hanya daya tarik superstar tapi juga klub yang diwakili Messi saat ini, Paris-Saints Germain.

"Saya mendukung Argentina bahkan sebelum Messi. Messi melakukan pekerjaan yang hebat tetapi saya mendukung Argentina selama lebih dari 15 tahun," ujar Ali.

Selain India, dan Yordania, warga China ternyata juga rela datang ke Qatar dengan alasan cukup unik.

"Ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk datang ke negara tuan rumah yang (luas negaranya) lebih kecil dari kota asal saya, Beijing," ujar Fei Peng.

Peng datang ke Qatar bersama teman-temannya dan langsung memborong 35 tiket pertandingan. Mereka hanya benar-benar ingin menonton bola secara langsung.

"Saya tidak memiliki preferensi. Tapi karena saya orang Asia, saya ingin tim Asia (Jepang dan Korea Selatan) untuk melakukan yang terbaik," dia menjelaskan.



Simak Video "Kemewahan & Kontroversi Hari Pertama di Qatar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA