Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 24 Nov 2022 11:25 WIB

TRAVEL NEWS

Jepang Menang Lawan Jerman, Fansnya 'Juara' Kebersihan Piala Dunia 2022

bonauli
detikTravel
DOHA, QATAR - NOVEMBER 23: Japanese fans clear rubbish from the stands during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Germany and Japan at Khalifa International Stadium on November 23, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Alex Grimm/Getty Images)
Pendukung Jepang bersihkan sampah di stadion (Getty Images/Alex Grimm)
Doha -

Jepang menang atas Jerman pada pertandingan Rabu (23/11) malam. Seperti biasa, fans Jepang lagi-lagi bikin seisi stadion kagum dengan kebersihannya.

Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar penuh dengan fans Jepang dan Jerman. Jerman-Jepang berakhir dengan skor 1-2, Negeri Sakura sumringah, begitu pula dengan warga negara yang ikut menonton di sana.

Segera setelah stadion kosong, fans dari Jepang terlihat dengan kebiasaan lamanya. Mereka megeluarkan kantong sampah sekali pakai berwarna biru muda dan mulai 'bekerja'.

Ya, meski menang atas Jerman, warga Jepang tidak langsung pesta pora dan meninggalkan semua sampah di lapangan. Bukan pertama kali, namun melihat kebiasaan ini secara langsung tetap membuat siapa pun kagum.

Kebiasaan bersih orang Jepang diberitakan oleh media internasional. Mulai dari BBC sampai Al Jazeera, memuji gestur dan kebiasaan ini.

"Ketika kami menggunakan toilet, kami membersihkannya sendiri. Ketika kami meninggalkan ruangan, kami memastikannya rapi. Itu kebiasaan," kata Danno, warga Jepang yang menonton langsung di stadion, ketika ditanya Al Jazeera.

DOHA, QATAR - NOVEMBER 23: Japanese fans clear rubbish from the stands during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Germany and Japan at Khalifa International Stadium on November 23, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Alex Grimm/Getty Images)Fans Jepang pungut sampah di Stadion Khalifa Foto: Getty Images/Alex Grimm

Sambil mengangkat bahu santai, Danno menjelaskan bahwa orang Jepang tidak bisa meninggalkan tempat tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Itu sudah jadi pendidikan dan pembelajaran sehari-hari.

Pada tahun 2018, Scott North, seorang profesor sosiologi di Universitas Osaka, mengatakan kepada BBC bahwa merapikan adalah cara orang Jepang "menunjukkan kebanggaan dalam cara hidup mereka".

"Bersih setelah pertandingan sepak bola merupakan perpanjangan dari perilaku dasar yang diajarkan di sekolah, di mana anak-anak membersihkan ruang kelas dan lorong sekolah," katanya.

Jepang akan melawan Kosta Rika di pertandingan Grup E berikutnya pada hari Minggu, diikuti oleh Spanyol pada hari Kamis.

Bukan cuma pertandingannya yang dinanti, kebiasaan pendukung Jepang ini pun begitu dicintai. Bahkan BBC pun mengutipkan kalimat pujian yang luar biasa untuk pendukung Jepang di Piala Dunia Qatar 2022 ini.

"Jika nanti mereka (Jepang) tidak memenangkan Piala Dunia Qatar 2022, fans mereka sudah menjadi pemenang," tulis BBC.



Simak Video "Kemewahan & Kontroversi Hari Pertama di Qatar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA