Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Nov 2022 09:36 WIB

TRAVEL NEWS

Warga Qatar Heran, Kok Fans Jepang Bersih-bersih Seisi Stadion Pildun?

Tim detikcom
detikTravel
A Japanese soccer fan reacts as she watches a broadcast of the World Cup Group H soccer match Colombia vs Japan, at a public viewing event in Tokyo, Japan June 19, 2018. REUTERS/Issei Kato
Foto: Ilustrasi fans Jepang di Piala Dunia (Issei Kato/Reuters)
Doha -

Warga lokal Qatar dibuat terheran-heran dengan para pendukung Timnas Jepang. Mereka bersih-bersih seisi stadion yang digunakan acara pembukaan Piala Dunia 2022.

Timnas Jepang memang belum bertanding di Piala Dunia 2022 Qatar, tetapi fans Negeri Matahari Terbit itu sudah mencuri perhatian. Aksi bersih-bersih di stadion bikin fans tuan rumah terheran-heran.

Piala Dunia 2022 resmi dibuka dengan opening ceremony dan dilanjutkan duel di babak Grup A antara Qatar dan Ekuador. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor pada Minggu (20/11/2022) itu, Ekuador keluar sebagai pemenang dengan dua gol tanpa balas.

Laga itu tidak hanya ditonton oleh dua suporter tim yang berlaga, tetapi ada sekelompok fans timnas Jepang. Mereka tidak banyak, tetapi berhasil membetot perhatian dunia.

Saat seluruh penonton telah meninggalkan stadion, fans Jepang belum pulang. Mereka tidak sekadar duduk-duduk dan berfoto di stadion. Mereka berkeliling stadion dan mengumpulkan sampah.

Warga Qatar sampai tercengang dibuatnya. Tak mau kehilangan momen yang bikin mereka keheranan itu, warga lokal pun merekam dan membagikannya di media sosial. Eh, video itu viral.

"Seseorang meyakinkan saya bahwa ini hal yang lumrah," kata Omar Farooq saat melihat fans timnas Jepang mengumpulkan botol-botol bekas minuman setelah stadion sepi penonton seperti dikutip dari Talk Sport.

"Fans Jepang memutuskan untuk membersihkan stadion. Ini bahkan bukan pertandingan timnas mereka!" kata dia lagi.

"Saat saya bertanya kepada mereka, 'Mengapa kamu membersihkan sesuatu yang tidak berhubungan denganmu?' Jawabannya adalah, 'Orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah. Kami selalu menghormati tempat di mana kami berada', begitu katanya," Omar menambahkan.

Omar kemudian merekam bagian stadion lebih luas dan rupanya lebih banyak fans timnas Jepang yang tersebar di sana. Mereka melakukan hal serupa, mengumpulkan sampah.

"Yang seperti ini pernah saya dengar, tetapi saya tidak pernah mengira ini nyata. Wow," ujar Omar.

Fans timnas Jepang bukan kali ini saja menunjukkan aksi bersih-bersih stadion saat Piala Dunia. Mereka menjadi sorotan dunia dan diacungi jempol kala melakukan aksi serupa di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Saat itu, aksi bersih-bersih bahkan dilakukan fans timnas Jepang setelah kekalahan yang memilukan bagi Jepang di tangan Belgia 2-3.

Tidak hanya fans timnas Jepang yang melakukan bersih-bersih, pemain pun meninggalkan ruang ganti dengan rapi dan bersih. Bahkan, mereka meninggalkan catatan bertuliskan 'terima kasih' dalam bahasa Rusia.

Itulah berita terpopuler detikTravel, Selasa (22/11) kemarin. Selain itu, ada juga berita tentang rombongan Rubicon arogan yang masuk Bromo dan fans Timnas Inggris yang masuk kandang singa saat sedang cari bir di Qatar.

Berikut Daftar Berita Terpopuler detikTravel, Selasa (22/11/2022):

1. Warlok Heran Fans Jepang Bersih-bersih Stadion di Piala Dunia Qatar
2. Viral Rombongan Rubicon Cekcok Paksa Masuk ke TNBTS, Bawa-bawa Nama Gubernur
3. Cari Bir di Qatar, Fan Timnas Inggris Malah 'Digiring' ke Kandang Singa
4. Terganggu Kursi Pesawat Direbahkan Berlebihan, Wanita Ini Balas Dendam
5. Ada-ada Saja Permintaan Tamu Tajir Melintir dari Layanan Hotel
6. Joged di Situs Maya Kuno, Wanita Ini Dijambak Massa
7. Raja Salman dan Pangeran MbS Doakan Korban Gempa Cianjur
8. Viral Rombongan Rubicon Cekcok Paksa Masuk ke TNBTS, Bawa-bawa Nama Gubernur
9. Bir Dilarang, Bir Dirindukan di Piala Dunia Qatar
10. Foto: Miss Universe Swiss 2022 Naik Kereta Api ke Yogyakarta



Simak Video "5 Teknologi Canggih yang Hanya Ada di Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya