Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 27 Nov 2022 20:35 WIB

TRAVEL NEWS

Panas Ekstrem Bikin Pesawat Berat buat Lepas Landas, Kenapa?

Persiapan Pesawat Lepas Landas
Pesawat akan lepas landas (Foto: CNN)
Jakarta -

Suhu tinggi bisa membuat pesawat terlalu berat untuk lepas landas. Apa saja faktor yang mempengaruhinya?

Jadi, temperatur bumi yang semakin panas mempersulit pesawat untuk lepas landas di bandara tertentu. Melansir CNN, Minggu (27/11/2022), fenomena itu menghadirkan tantangan lain bagi penerbangan sipil, terutama ketika sering terjadi gelombang panas.

"Tantangan dasar yang dihadapi pesawat mana pun saat lepas landas adalah bahwa pesawat yang sangat berat, dan gravitasi membuatnya tetap di darat," kata Paul Williams, seorang profesor ilmu atmosfer di University of Reading di Inggris.

"Untuk mengatasi gravitasi, mereka perlu menghasilkan gaya angkat, yaitu atmosfer yang mendorong pesawat ke atas," imbuh dia.

"Daya angkat tergantung pada beberapa faktor, tapi salah satu yang paling penting adalah suhu udara. Dan saat udara menghangat, suhu mengembang, sehingga jumlah molekul yang tersedia untuk mendorong pesawat berkurang," terang dia.

Pesawat mendapatkan daya angkat 1% lebih sedikit dengan setiap kenaikan suhu 3 derajat Celcius. Itulah mengapa panas yang ekstrim membuat pesawat lebih sulit untuk lepas landas.

Pesawat lepas landas di Bandara Internasional Sky Harbor PhoenixPesawat lepas landas di Bandara Internasional Sky Harbor Phoenix (Foto: CNN)

Dalam beberapa kondisi yang sangat ekstrim, hal itu menjadi tidak mungkin dilakukan sama sekali. Masalah semakin berat bagi bandara di ketinggian, di mana udara secara alami sudah lebih tipis.

Gambaran lebih gampangya adalah dengan landasan pacu pendek, membuat pesawat hanya memiliki sedikit ruang untuk berakselerasi.

Jika sebuah pesawat membutuhkan landasan pacu sepanjang 1.981 meter pada suhu 20 derajat Celcius, maka pesawat itu membutuhkan 2.499 meter pada suhu 40 Celcius.

Bandara Kota London memiliki landasan pacu yang panjangnya kurang dari 1.524 meter. Selama gelombang panas pada tahun 2018, lebih dari selusin penerbangan terpaksa meninggalkan penumpang di darat untuk lepas landas dengan selamat. Dalam satu penerbangan, ada 20 orang terimbas.

Pada 2017, lusinan penerbangan dibatalkan seluruhnya selama beberapa hari di Bandara Internasional Sky Harbor Phoenix. Itu karena suhu mencapai 48,8 Celcius yang berada di atas suhu operasi maksimum untuk kebanyakan pesawat penumpang.

Sebuah studi dari Universitas Columbia memperkirakan bahwa pada tahun 2050, pesawat berbadan sempit seperti Boeing 737 akan mengalami peningkatan pembatasan berat mulai dari 50% hingga 200% selama bulan-bulan musim panas di empat bandara utama AS.



Simak Video "2023 Akan Jadi Tahun Lebih Panas Dibanding 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA