Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 28 Nov 2022 12:12 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Paling Murah Ini Hilangkan Layanan CS, Gimana Cara Mengadu?

Frontier Airlines
Foto: Frontier Airlines
Jakarta -

Maskapai ini tidak lagi memiliki saluran telepon layanan pelanggan atau CS. Lalu, bagaimana cara mengadu bila ada masalah?

Pelanggan yang membutuhkan informasi penerbangan atau ingin mengubah rencana perjalanan tidak dapat lagi menelepon Frontier Airlines. Hal itu dikonfirmasi perusahaan kepada CNN, dikutip Senin (28/11/2022).

Mulai minggu lalu, maskapai berbiaya rendah mengatakan telah beralih ke komunikasi digital secara penuh. Pelanggan yang mencari bantuan atau informasi dari operator harus berurusan dengan chatbot online, saluran media sosial, atau WhatsApp.

"Kami telah menemukan bahwa sebagian besar pelanggan lebih suka berkomunikasi melalui saluran digital," kata juru bicara Jennifer F. de la Cruz dalam sebuah pernyataan.

Frontier dikenal dengan langkah-langkah pemotongan biayanya, seperti mengenakan biaya untuk penempatan kursi di muka dan untuk tas jinjing yang melebihi aturan ukuran pengangkut.

Pelanggan yang menghubungi nomor telepon layanan pelanggan sekarang akan disambut dengan pesan otomatis yang berbunyi, "Di Frontier, kami menawarkan tarif terendah di industri penerbangan dengan mengoperasikan maskapai kami seefisien mungkin. Kami juga ingin pelanggan kami dapat menyampaikan pesan secara efisien, oleh karena itu kami memudahkan layanan di Flyfrontier.com atau di aplikasi seluler kami. Kami juga memiliki layanan obrolan yang tersedia 24/7".

Pesaing penerbangan bertarif rendahnya, Spirit Airlines dan Allegiant Airlines, masih menggunakan layanan pusat panggilan yang dikelola oleh agen langsung.

Tidak heran Frontier ingin menyingkirkan layanan pelanggan melalui telepon. Departemen Perhubungan pada November mengatakan akan mengeluarkan denda USD 7,25 juta terhadap enam maskapai penerbangan karena penundaan parah dalam memberikan pengembalian uang sejak dimulainya pandemi Covid-19 kepada penumpang.

Satu-satunya maskapai AS adalah Frontier, yang didenda USD 2,2 juta oleh agensi tersebut.

Frontier baru-baru ini meluncurkan tiket penerbangan tahunan tanpa batas saat ini seharga USD 799. Ada peringatan, seperti periode blackout yang terkonsentrasi di sekitar hari libur. Pelanggan juga tidak dapat memesan penerbangan domestik lebih dari satu hari sebelumnya.

Ini bukan satu-satunya maskapai tanpa CS. Breeze Airways, sebuah maskapai penerbangan yang didirikan pada 2018 oleh David Neeleman dari JetBlue, bahkan tidak memiliki nomor telepon call center.

Pelanggan disarankan untuk menghubungi maskapai melalui Facebook Messenger, SMS, email, atau mereka dapat mengubah penerbangan mereka di aplikasi dan situs webnya.



Simak Video "Cerita Sejarah Putri Raja Bali Menjadi Seorang Muslimah, Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA