Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 28 Nov 2022 20:07 WIB

TRAVEL NEWS

Bakal Ada Maskapai Baru, 1.000 Pekerjaan Tercipta

Fly Atlantic
Fly Atlantic (Foto: CNN)
Jakarta -

Sebuah maskapai baru akan segera mengudara. Sebanyak seribu pekerjaan baru akan tercipta.

Ini adalah layanan penerbangan transatlantik dengan biaya rendah atau LCC, melansir CNN Senin (28/11/2022). Ia bernama Fly Atlantic, mengikuti jejak Norwegian, WOW and Play yang maskapai bertarif rendah.

Fly Atlantic mengumumkan rencana untuk mulai beroperasi pada tahun 2024 pada minggu ini. Berbasis di Belfast, Irlandia Utara, selain mengoperasikan penerbangan jarak pendek di Eropa, maskapai ini berencana memasuki pasar transatlantik dengan penerbangan murah dari Belfast ke AS dan Kanada.

Masalah utamanya bagi pasar maskapai penerbangan transatlantik yakni terkenal sulit menghasilkan keuntungan. Dari trio yang ingin ditiru, dua di antaranya gagal membuat penerbangan transatlantik berbiaya rendah.

Norwegian menghentikan rute jarak jauhnya selama pandemi, sementara Wow Air bangkrut pada 2019. Rute transatlantik ini juga menjadi makam bagi Primera Air, rute kelas bisnis Inggris-AS, dan bahkan British Airways, gagal menghidupkan kembali semua kelas bisnisnya, penerbangan dari Bandara London ke New York pasca-pandemi.

Pasar berbiaya rendah transatlantik begitu sulit. Sehingga pada tahun 2020, seniman Islandia Oddur Eysteinn FriĆ°riksson bahkan membuat maskapai palsu, MOM Air, sebagai instalasi seni.

MOM Air menerima 6.000 permintaan pemesanan untuk jaringan Eropa-AS yang diperdebatkan dalam dua minggu sebelum artis mengonfirmasi bahwa itu adalah tipuan.

Fly Atlantic berencana untuk terbang ke 35 tujuan dari pangkalannya di Belfast, dengan tiket mulai dijual pada awal 2024. Ia berharap dapat bersaing dalam koneksi antara Eropa dan AS dan Kanada.

Maskapai akan memulai dengan armada kecil, enam pesawat, kemungkinan besar Airbus A321 atau Boeing 737 MAX. Perusahaan mengatakan saat ini sedang dalam pembicaraan dengan kedua produsen. Rencananya akan diperluas menjadi 18 pesawat dalam empat tahun pertama.

Saat ini, tidak ada penerbangan transatlantik langsung dari Belfast. Dublin di Republik Irlandia adalah titik keberangkatan yang populer ke AS, berkat fasilitas di bandara Dublin dan Shannon yang memungkinkan para pelancong melewati kontrol perbatasan AS sebelum lepas landas.

Tetapi karena Irlandia Utara adalah bagian dari Inggris, tampaknya hal ini tidak mungkin terjadi . Fasilitas pra-izin saat ini hanya tersedia di enam negara di seluruh dunia, di mana Irlandia adalah salah satunya.



Simak Video "Melihat Keunikan Rumah Bawah Tanah di Pulau Lembongan Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT