Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Nov 2022 21:25 WIB

TRAVEL NEWS

Kereta Cepat Eropa Matikan Maskapai, Indonesia Akan Demikian?

BANDUNG, WEST JAVA, INDONESIA - 2022/11/16: Jakarta Bandung High-Speed Train (KCJB) or Comprehensive Inspection Train (CIT) was seen during the dynamic trial in Tegalluar. President Joko Widodo and Chinese President Xi Jinping are planning to see online the dynamic trial process of the 15 km Jakarta Bandung High-Speed Train with a limited speed of 80 km/hour during a sidelines visit from the G20 summit in Bali. (Photo by Algi Febri Sugita/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)
Kereta cepat (Foto: Algi Febri Sugita/SOPA Images/LightRocket/Getty Images)
Madrid -

Kereta berkecepatan tinggi semakin menjamur di Eropa. Khususnya di Spanyol negara itu sudah seperti ibu kotanya KA cepat.

Jadi, kereta cepat di Eropa sudah mematikan satu maskapai, yakni Alitalia di Italia. Semua jalur perjalanan lokal didominasi oleh KA cepat.

KA cepat di Spanyol mengutip CNN, Selasa (29/11/2022) kini memiliki kereta baru yang diberi nama iryo. Jadi, di sana kini ada empat perusahaan kereta cepat yang menjadikan Spanyol sebagai negara pertama di Eropa yang memiliki begitu banyak pilihan kereta berkecepatan tinggi.

Iryo dimiliki oleh beberapa pemain utama, yakni Trenitalia, Globalvia dan Air Nostrum. Trenitalia telah membawa 20 kereta Frecciarossa atau 'panah merah' ke Spanyol dan moda massal itu mampu melaju dengan kecepatan hingga 358 kilometer per jam.

Proyek kereta api berkecepatan tinggi Italia sangat sukses sehingga berperan dalam mematikan maskapai penerbangan nasional. Jadi hati-hati Iberia Airlines.

iryo diluncurkan hari Jumat dengan operasi antara Madrid, Barcelona dan Zaragoza. Perjalanannya akan berlanjut pada 16 Desember, rute Madrid, Cuenca dan Valencia.

Akan ada lebih banyak rute pada tahun 2023. Mereka berencana membuka koneksi ke Seville, Malaga, Cordoba, dan Antequera pada 31 Maret, serta Alicante dan Albacete pada 2 Juni.

Perusahaan telah menandatangani perjanjian untuk menawarkan tiket gabungan dengan Cercanías (sistem kereta komuter) dan Air Europa. Jadi, mereka akan mengoperasikan 30% dari layanan berkecepatan tinggi Spanyol, dan bertujuan untuk mengangkut delapan juta penumpang per tahun.

Kereta iryo memiliki empat kelas yang bernama Inicial, Singular, Singular Only You dan Infinita. Tiga di antaranya untuk pelancong bisnis dan semua kursi memiliki USB dan soket daya standar, sandaran tangan, dan Wi-Fi 5G gratis.

Menu onboard, Haezea yang berarti "angin" dalam bahasa Basque, akan dipenuhi dengan bahan musiman dan "pilihan sehat", yang disiapkan di tempat, kata perusahaan itu.

Mengenai harga tiket, melihat ketersediaan bulan Desember, tiket untuk perjalanan 2 jam 45 menit atau 614 km dari Barcelona ke Madrid mulai dari hanya €18 atau Rp 300 ribu, meskipun sebagian besar perjalanan sekitar €50 atau Rp 817 ribu.

Berkendara di antara kedua kota akan memakan waktu lebih dari enam jam.

Sementara di Indonesia, kereta cepat baru akan beroperasi di Jakarta-Bandung dan wacana diperpanjang hingga Surabaya. Dari bocoran yang ada, tiket KA cepat Jakarta-Bandung masih lebih mahal, yakni sebesar Rp 250-350 ribu.



Simak Video "Biaya Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Bengkak Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA