Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 01 Des 2022 09:06 WIB

TRAVEL NEWS

Kapal Rakyat: Andai Jakarta Juga Punya

Kapal rakyat Bangkok
Kapal rakyat di Bangkok (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Bangkok -

Kota Bangkok, Thailand memang memiliki banyak pilihan transportasi massal. Salah satu yang menarik perhatian kami saat berkunjung ke Thailand adalah kapal rakyatnya, kami menyebutnya demikian.

Kapal rakyat ini adalah perahu yang beroperasi di kanal-kanal sempit juga aliran besar, seperti Sungai Chao Phraya. Diketahui bahwa begitu banyak kanal atau sungai di Kota Bangkok.

Dalam perjalanan ini, kami menjajal kapal rakyat Bangkok mulai dari Ramkhamhaeng Pier sampai Pratunam Pier. Waktu itu, kami menjajalnya di akhir pekan dan lalu lintasnya terbilang sangat ramai.

Ada beberapa keuntungan menaiki kapal rakyat di Bangkok. Pertama adalah transportasi massal ini bebas macet.

Pengaturan kapal rakyat yang beroperasi di Bangkok terbilang baik. Kapal rakyat itu datang tiap beberapa menit sekali, tak lebih dari 10 menit.

Kapal rakyat itu akan berhenti di setiap pier atau pelabuhan kecil jika ada yang menekan tombol atau ada yang melambai untuk naik. Traveler pun bisa turun dengan menekan bel di depan pintunya.

Kapal rakyat BangkokKapal rakyat Bangkok (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Kapal rakyat Kota Bangkok membelah kanal-kanal dengan air yang keruh. Jadi, traveler harus hati-hati meski air limpasannya jarang mengenai penumpang.

Meski tak ada macet di jalur kapal rakyat, transportasi ini tidak bisa melaju dengan cepat. Saat keadaan penuh, para penumpang akan berdiri di bagian tengah dan belakang, sementara di depan ada tempat duduknya.

Kapal rakyat ini terbilang terjangkau, dengan jarak yang kami tempuh selama 30 menit, kami hanya membayar 20 baht atau Rp 10.000 saja.

Satu hal yang jadi catatan adalah, kapal rakyat Thailand ini dikatakan selalu ramai penumpang. Jadi, traveler diminta waspada akan adanya copet dan sebaiknya menaruh tas di bagian depan.



Simak Video "Perahu Kuno Rembang Abad ke-7 Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA