Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 03 Des 2022 18:51 WIB

TRAVEL NEWS

Namanya Sekoteng Singapore tapi Laris di Sukabumi

Siti Fatimah
detikTravel
Dengan uang Rp 15 ribu, Anda bisa menikmati semangkuk Sekoteng Singapore yang terkenal di Sukabumi.
Sekoteng Singapore. Foto: Siti Fatimah/detikJabar
Sukabumi -

Musim hujan di Sukabumi, enaknya makan yang hangat-hangat. Cobain nih menikmati Sekoteng Singapore yang legendaris.

Sekoteng dikenal sebagai minuman berkhasiat asal Tiongkok. Di Kota Sukabumi, sajian ini bisa ditemukan di Jalan A. Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, dengan nama Sekoteng Singapore.

Sekoteng Singapore di Sukabumi telah ada sejak 2002. Terdapat tiga menu yaitu sekoteng kuah jahe, kuah pandan, dan es sekoteng. Rasa manis serta hangatnya jahe membuat sajian ini cocok diminum saat malam hari atau di musim hujan.

Perbedaan sekoteng di Sukabumi dengan yang lain terletak pada topping yang disajikan. Dalam satu mangkuk sekoteng berisi biskuit bulat panjang, roti, kolang-kaling, dan kacang-kacangan. Tiap pembelian seporsi sekoteng bakal didampingi segelas teh tawar untuk menetralisir rasa manis dalam sekoteng.

Panganan ini enaknya disantap saat malam hari usai berjalan-jalan di daerah Kota Sukabumi. Harganya pun tergolong murah, hanya Rp 15 ribu saja. Apabila ditambah topping roti dan biskuit, pembeli hanya perlu membayar Rp 500 saja per kantong.

Semakin malam, tempat ini semakin ramai dikunjungi pelanggan. Tak jarang, pembeli harus antre untuk mendapatkan semangkuk Sekoteng Singapore. Tempat duduk yang disediakan pun masih menggunakan trotoar Jalan A Yani sehingga pembeli bisa sambil menikmati pemandangan Kota Sukabumi, khususnya pada malam hari. Jika tak ingin antre, diharap datang lebih cepat sekitar pukul 17.00 sampai 18.00 WIB.

Salah satu pengunjung, Rafiq Abdul (25) mengaku baru pertama kali mengunjungi Sekoteng Singapore karena penasaran dengan rasa sekoteng khas Sukabumi ini. "Baru pertama kali sih. (Rasanya) enak, manis, apalagi kalau buat musim hujan kaya sekarang cocok banget makan sekoteng malam-malam," kata Rafiq.

Menurutnya, harga Rp 15 ribu cukup terjangkau apalagi dengan porsi yang cukup banyak. "Cukup terjangkau, porsinya pas lah buat ukuran harga segitu," tuturnya.

Selain menyediakan makan di tempat, Sekoteng Singapore juga menerima pesanan melalui online. Mereka buka setiap hari dari pukul 14.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Berita ini sudah tayang di detikJabar.



Simak Video "Kabar Duka, Ibunda Bupati-Wawalkot Sukabumi Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA