Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 05 Des 2022 13:22 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler, Pilih-pilih Makanan Saat Naik Pesawat agar Nggak Bad Mood

Femi Diah
detikTravel
Makanan di pesawat
Ilustrasi makanan di pesawat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Aureliy)
Jakarta -

Ternyata ada lho makanan di pesawat yang harus dihindari oleh penumpang, sebab bahkan ada sejumlah makanan bisa bikin bad mood. Seorang ahli dan praktisi makanan pesawat membeberkannya.

Makanan di pesawat jarang memiliki label kuliner enak luar biasa, tetapi ada cara untuk memastikan makanan yang didapatkan tidak begitu-begitu saja cita rasanya.

Fritz Gross, direktur keunggulan kuliner di LSG Sky Chefs Asia Pasifik, mengatakan bahwa rasa bukanlah prioritas bagi orang yang membuat makanan untuk pesawat, tetapi kebersihan jauh lebih penting.

"Kekhawatiran utama kami sebenarnya adalah keamanan pangan. Kami menyiapkan makanan dengan jumlah yang amat besar. Kami tidak tidak ditoleransi untuk membuat kesalahan. Anda dapat membayangkan betapa mudahnya sebuah maskapai penerbangan dapat dituntut," kata Gross seperti dikutip CNN, Senin (5/12/2022).

Gross mengatakan bahwa hidangan yang paling sip dalam penerbangan adalah makanan yang andai dipanaskan berulang kali masih tetap oke. So, pasta tidak masuk kriteria. Ya, karena pasta harus disajikan dengan tekstur tertentu agar enak dinikmati. Gross bahkan bilang pasta dianggap sebagai salah satu hidangan yang paling enggak banget di dalam pesawat.

Selain itu, hidangan yang membutuhkan banyak bahan segar mask kategori sebaiknya dihindari. Sebab, kualitas makanannya tidak akan sebaik saat di darat.

"Kami bukan restoran. Kami tidak bisa pergi ke pasar di pagi hari dan memilih apa yang segar dan menjadikannya spesial hari itu," ujar Gross.

Alih-alih pasta atau apa pun yang mungkin sudah berubah rasa saat dipanaskan kembali, Gross menyarankan penumpang pesawat untuk memesan rebusan jika memungkinkan.

Gross bukan satu-satunya orang yang menyarankan untuk tidak makan pasta di pesawat.

Charles Platkin, direktur eksekutif Pusat Kebijakan Makanan NYC Hunter College, mengatakan kepada Travel + Leisure bahwa makanan tertentu justru bikin penumpang tidak nyaman selama penerbangan.

"Makan banyak karbohidrat berat, seperti pasta dengan saus kental, padat, roti, muffin atau kue akan membuat Anda merasa lesu, rewel, dan tidak kenyang atau puas. Kadar gula darah akan melonjak dan kemudian turun. Itu berdampak negatif pada mood Anda," ujar Platkin.

Tetapi, tenang tidak semua hal terkait makanan di pesawat buruk. Ada trik aneh yang bisa bikin makanan pesawat menjadi lebih enak. Menurut seorang profesor Oxford bernama Charles Spence mengenakan headphone peredam bising dapat meningkatkan kualitas makanan dan minuman.

Profesor Spence adalah seorang ahli rasa dan makanan yang menulis Gastrofisika: Ilmu Makan Baru. Dia bilang mengenakan sepasang headphone peredam bising sebenarnya bisa menjadi salah satu cara paling sederhana untuk membuat makanan dan minuman terasa lebih enak di ketinggian.

"Tekanan kabin yang lebih rendah, udara kabin yang kering, dan kebisingan mesin yang keras semuanya berkontribusi pada ketidakmampuan kita untuk merasakan dan mencium makanan dan minuman," kata Spence.

Membatalkan dengung mesin pesawat dengan headphone akan membantu karena suara bernada rendah juga dapat membuat makanan terasa lebih pahit hingga sepuluh persen.

Penelitian oleh Profesor Spence dilakukan di restoran Heston Blumenthal, Fat Duck, yang juga menemukan bahwa mendengarkan suara bernada tinggi dapat membuat makanan terasa lebih manis hingga sepuluh persen.

"Efeknya, harus dikatakan, tidak besar, tetapi cukup besar untuk membuat perbedaan pada pengalaman mencicipi saat berada di dalam pesawat," kata Spence.



Simak Video "Penumpang Pesawat Domestik Enggak Perlu Tes Antigen-PCR, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA