Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 07 Des 2022 16:31 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Diving di Tulamben Bali Anjlok 40% Saat Akhir Tahun

Tempat wisata Tulamben.
Diving di Tulamben Bali (Foto: dok. Disbudpar Karangasem)
Denpasar -

Tulamben jadi salah satu spot diving andalan di Bali. Namun, di akhir tahun ini malah anjlok kunjungannya.

Kunjungan turis ke Pantai Tulamben yang terletak di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem untuk melakukan aktivitas diving maupun snorkeling mengalami penurunan memasuki akhir tahun 2022. Penurunan turis di Pantai Tulamben tercacat hingga 40 persen dari bulan-bulan sebelumnya.

Salah seorang instruktur diving I Komang Sujana mengatakan bahwa sebenarnya pada bulan Juli-Oktober 2022 kunjungan wisatawan ke Pantai Tulamben ramai. Rata-rata mencapai 100 orang per harinya tapi saat ini mengalami penurunan hingga 40 persen.

"Kunjungan wisatawan mulai menurun sejak pertengahan bulan November. Sejak saat itu yang datang untuk melakukan aktivitas diving maupun snorkeling rata-rata sekitar 60 orang saja per hari. Itu bagi kami lumayan penurunannya," kata Sujana, Selasa (6/12/2022).

Sujana mengatakan bahwa sebenarnya sejak bolder kembali dibukanya pada bulan April 2022, sedikit demi sedikit mulai ada kunjungan turis ke Pantai Tulamben untuk melakukan aktivitas diving maupun snorkeling. Setelah sebelumnya sempat ditutup akibat pandemi COVID-19.

"Awal-awal dibuka kunjungannya hanya sedikit tapi setelah itu perlahan mulai meningkat dan puncaknya pada Juli-Oktober setelah itu kembali mengalami penurunan," jelas Sujana.

Terkait penyebab turunnya jumlah turis saat ini, Sujana memperkirakan dikarenakan sudah memasuki musim penghujan sehingga turis enggan datang. Selain itu, biasanya pada bulan Desember hingga Januari 2023 kunjungan wisatawan menurun dan kembali ramai pada bulan Mei tahun depan.

"Tapi, itu semua juga tergantung ekonomi dari para wisatawan di tahun 2023 mendatang. Jika kondisi perekonomian bagus saya yakin kunjungan wisatawan ke Pantai Tulamben untuk melakukan aktivitas diving maupun snorkeling akan ramai kembali," ungkap Sujana.

Artikel ini sudah tayang di detikBali



Simak Video "Kemenparekraf Sambut Ratusan Turis Tiongkok di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA