Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 08 Des 2022 09:13 WIB

TRAVEL NEWS

Singkirkan Spanyol, Ini 7 Fakta Maroko: Negara Afrika Mepet Eropa, Erat dengan RI

Femi Diah
detikTravel
AL RAYYAN, QATAR - DECEMBER 06: Morocco players huddle before extra time during the FIFA World Cup Qatar 2022 Round of 16 match between Morocco and Spain at Education City Stadium on December 06, 2022 in Al Rayyan, Qatar. (Photo by Alexander Hassenstein/Getty Images)
Foto: Alexander Hassenstein/Getty Images
Jakarta -

Maroko menjadi perhatian dunia setelah timnasnya memulangkan Spanyol, yang merupakan negara tetangganya, dari Piala Dunia 2022 Qatar. Maroko memiliki mayoritas penduduk muslim dan erat dengan RI sejak zaman Presiden Sukarno.

Maroko memastikan tiket babak perempatfinal Piala Dunia dengan gaya. Maroko menyingkirkan Spanyol lewat adu penalti dalam pertandingan di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Selasa (6/12/2022) setelah bertarung sampai babak tambahan waktu. Di akhir pertandingan Maroko menang dengan skor 3-0.

Kemenangan atas Spanyol itu menjadi sejarah bagi Maroko. Untuk kali pertama, Maroko, yang sudah ikut Piala Dunia sebanyak lima kali, berhasil melaju ke babak perempatfinal. Prestasi terbaik mereka saat lolos ke 16 besar pada Piala Dunia 1986.

Maroko akan menghadapi Portugal dalam pertandingan perempatfinal Piala Dunia 2022. Pertandingan itu berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, pada 10 Desember 2022.

Sebelum memulangkan Spanyol, Maroko sudah membuat peringatan. Singa Atlas juga secara mengejutkan mengalahkan Belgia di babak grup dan lolos ke knock out sebagai juara grup.

Di atas kertas, Maroko kurang diunggulkan dibandingkan Spanyol dan Belgia. Maroko memiliki ranking FIFA di urutan ke-22, sedangkan Belgia kedua dan Spanyol ketujuh.

Yuk, kenali Maroko, yang rajin bikin kejutan di Piala Dunia Qatar, lebih dekat.

Berikut tujuh fakta tentang Maroko, termasuk pariwisata dan kuliner serta hubungan erat dengan Indonesia:

1. Ada di Afrika, Mepet Eropa

Peta Spanyol dan MarokoPeta Spanyol dan Maroko (Getty Images/iStockphoto/PeterHermesFurian)

Maroko merupakan salah satu negara di Afrika Utara, yang terletak tepat di seberang Selat Gibraltar dari Spanyol. Negara ini berbatasan dengan Aljazair di timur dan tenggara, Sahara Barat di selatan, Samudra Atlantik di barat, dan Laut Mediterania di utara.

Negeri ini memiliki jajaran pegunungan. Satu yang paling besar adalah Pegunungan Atlas yang menjadi jantung negeri sampai ke bagian selatan. Kemudian, pegunungan Rif yang terletak di sebelah utara negeri Maroko.

2. Sistem Pemerintahan Monarki

Maroko menjadi satu-satunya monarki di Afrika Utara yakni sistem pemerintahan monarki konstitusional dengan parlemen yang dipilih. Raja Maroko memegang kekuasaan eksekutif dan legislatif, serta komandan tertinggi militer, kebijakan luar negeri, dan urusan agama.

Adapun kekuasaan eksekutif dijalankan oleh pemerintah, untuk kekuasaan legislatif dipegang pemerintah dan dua lembaga parlemen, Majelis Perwakilan Rakyat dan Majelis Anggota Dewan.

2. Etnis dan Agama

Suasana pasar atau Souk di MarakeshSuasana pasar atau Souk di Marakesh Foto: detik

Sebagian besar penduduk Maroko terdiri dari orang Arab dan Imazighen atau campuran keduanya. Juga ada Suku Berber. Populasi lain adalah keturunan pengungsi dari Spanyol yang melarikan diri dari Reconquista dan Afrika sub-Sahara.

Maroko memiliki penduduk mayoritas beragama Islam dan Islam merupakan agama resmi negara itu.

4. Bahasa

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa nasional dan resmi Maroko. Bahasa Arab dituturkan oleh 2/3 populasi dan diajarkan di sekolah-sekolah. Bahasa Amazigh dikenal dengan Tamazight, menjadi bahasa resmi pada tahun 2011.

Prancis adalah bahasa sekunder yang penting dan bahasa Spanyol digunakan secara luas. Bahasa Inggris juga semakin banyak digunakan.

Halaman berikutnya >>> Kedekatan dengan RI

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA