Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 08 Des 2022 20:12 WIB

TRAVEL NEWS

Permintaan Tiket Nataru Tinggi, Armada Pesawat Siap Tidak?

Putu Intan
detikTravel
Kemenhub menggratiskan jasa Pendaratan, Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U). Kebijakan ini berlaku di bandara kelolaan UPBU Kemenhub.
Ilustrasi pesawat parkir di bandara. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Libur Natal dan Tahun Baru merupakan musim puncak bagi maskapai penerbangan. Mereka harus menyiapkan pesawat yang cukup untuk mengantar masyarakat bepergian.

Sekretaris Jenderal INACA Bayu Sutanto mengatakan permintaan tiket pesawat untuk Nataru mengalami kenaikan 20 persen dibandingkan 2021. Rute domestik masih menjadi yang favorit.

"Kalau musim libur Nataru, pesawat berangkatnya penuh ke daerah yang banyak merayakan Natal, seperti Medan, Manado, Makassar, Surabaya, dan Yogyakarta," kata Bayu saat ditemui detikcom di Park Hyatt, Jakarta pada Rabu (7/12/2022).

Selain rute domestik yang diprediksi ramai, rute internasional juga diminati penumpang asal Indonesia. Menurut Bayu, destinasi internasional lebih disukai orang-orang yang tak merayakan Natal dan memanfaatkan masa libur untuk berwisata.

"Saat ini karena China masih tutup, orang memilih ke Australia, Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, Turki, dan sekitarnya," katanya.

Lebih lanjut, Bayu menjelaskan maskapai siap menghadapi peningkatan permintaan ini. "Semua siap. (Armada) cukup untuk antisipasi kenaikan permintaan," ujarnya.

Di sisi lain, sampai saat ini Citilink masih berusaha menyiapkan armada untuk Nataru. VP Corporate Strategy Citilink Heriyanto mengatakan masih ada pesawat Citilink yang dikandangkan.

"Di saat peak season ini kami berharap akan bagus. Tapi kendalanya pesawat banyak yang di bawah," ujarnya.

Selama pandemi COVID-19, banyak maskapai yang mengandangkan pesawat mereka, termasuk Citilink. Hal itu dilakukan karena pemerintah memberlakukan larangan penerbangan dan permintaan penerbangan juga sedikit.

Kini dengan kembali bergeliatnya penerbangan, maskapai harus mulai menyiapkan pesawat mereka terbang kembali. Prosesnya tidak mudah karena pesawat harus melalui serangkaian perawatan sebelum siap mengudara.

"Kita ada 35 pesawat Airbus A320. Di peak season kita berharap tambahan 3-4 pesawat karena bengkel pesawat kebanjiran order juga," kata dia.

Namun Heriyanto memastikan, pesawat untuk penumpang menuju destinasi domestik favorit dipastikan cukup. "Tentu saja untuk rute domestik tradisional, Denpasar, Medan, rute-rute kayak begitu," katanya.



Simak Video "Warga Evakuasi Pesawat SAM Air yang Tergelincir di Beoga Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA