Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 17 Jan 2023 14:08 WIB

TRAVEL NEWS

Kota Terdingin di Dunia Kini Bersuhu -50 Derajat Celcius

Warga Kota Yakutsk
Warga Kota Yakutsk (Foto: CNN)
Yakutsk -

Kota terdingin di dunia kini bersuhu mini 50 derajat Celcius. Meski demikian, suhu ini bukanlah yang terendah.

Melansir CNN, Selasa (17/1/2023), jika ingin merasakan dinginnya musim dingin yang benar-benar dingin, traveler harus ke Kota Yakutsk, Rusia. Suhu di kota terdingin di dunia itu pada awal 2023 ini telah turun hingga minus 50 derajat Celcius (minus 58 derajat Fahrenheit).

Kota Yakutsk di Siberia timur, yang dikenal luas sebagai salah satu tempat terdingin di dunia, telah mengalami cuaca dingin yang sangat panjang. Dan, Januari adalah bulan terdingin.

Meski warga yang ada di sana telah terbiasa dengan suhu beku, orang-orang di wilayah terpencil ini telah melakukan tindakan pencegahan ekstra agar tetap hangat.

"Anda tidak bisa melawannya. Kamu menyesuaikan dan berpakaian sesuai atau kamu menderita," kata seorang warga yang mengenakan dua syal dan beberapa lapis sarung tangan, topi dan penutup kepala kepada Reuters.

Layering atau memakai pakaian bertumpuk, menurut warga lain yang menjual ikan beku di pasar lokal, adalah kuncinya. "Berpakaian hangat saja. Berlapis-lapis, seperti kol," katanya.

Pada tahun 2018, cuaca menjadi sangat dingin sehingga beberapa warga mengatakan bulu mata mereka membeku.

Kota Yakutsk atau Yakutia adalah rumah bagi kurang dari 1 juta penduduk. Musim dingin Yakutsk bisa sangat ekstrim, bahkan menurut standar Rusia.

Tetapi kota itu menarik perhatian internasional pada bulan Juli ketika kabut dari kebakaran hutan di dekatnya mengoyak hutan, menyelimuti kawasan itu dengan asap tebal.

Para ilmuwan menyatakan keprihatinan serius tentang meningkatnya frekuensi kebakaran yang disebabkan oleh perubahan iklim di Arktik Siberia.

Dalam catatan detikcom, musim dingin Yakutsk yang terletak di Republik Sakha dimulai dari Oktober sampai April bersuhu sekitar -30° hingga -40°C, dan dapat turun sampai -70°C.



Simak Video "Penampakan Kawah Besar di Ukraina Akibat Roket Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA