Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 23 Jan 2023 17:07 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Hiu Keroyok Lumba-lumba, Pantai di Australia Langsung Tutup

CNNIndonesia
detikTravel
Underwater image of bull shark getting close up in the blue ocean of Bimini, The Bahamas. Bullsharks (Carcharhinus leucas) are known for their aggressive behaviour and account for a number of attacks on humans. These large predators are able to live in both saltwater and freshwater, which enables them to migrate into river systems and estuaries.
Foto: Ilustrasi hiu (Getty Images/jonathanfilskov-photography)
Sydney -

Kawanan hiu banteng kedapatan mengeroyok lumba-lumba di sebuah pantai Australia. Akibatnya, pantai itu langsung ditutup untuk dikunjungi wisatawan.

Sejumlah hiu banteng menyerang kawasan utara Pantai Shelly dan Manly pada Sabtu (21/1) sekitar pukul 07.00 pagi waktu setempat dan membuat kawasan itu sempat ditutup sementara.

Serangan hiu terhadap lumba-lumba itu juga menyebabkan acara selancar Manly Open Surf Classic dibatalkan. Detik-detik pergerakan hiu-hiu itu terekam kamera pesawat tak berawak yang kemudian dirilis Surf Life Saving New South Wales (SLSNSW).

Dalam rekaman terliat setidaknya dua hiu berenang ke lepas pantai, sementara lumba-lumba berjuang untuk berenang di perairan dangkal dengan luka yang terlihat di ekor dan sisinya.

Potret lumba-lumba yang dirilis oleh SLSNSW menunjukkan setidaknya lima bekas gigitan di sekujur tubuhnya.

"Sebuah UAV [drone] SLSNSW telah memantau aktivitas hiu dari udara dan telah melihat sejumlah hiu di area tersebut," demikian kata mereka.

Emily Pettersson yang menjadi saksi peristiwa itu mengatakan salah satu hiu yang menyerang lumba-lumba itu berukuran panjang sekitar tiga meter. Pettersson mengaku mendengar 'jeritan' lumba-lumba yang terluka itu, sehingga dirinya memutuskan untuk berenang ke tempat yang dangkal.

Ia mengatakan sempat melihat bayangan hiu dalam jarak tiga meter, tapi hiu-hiu itu hanya tertuju pada lumba-lumba.

Saksi lain yang berada di pantai mengatakan bahwa mereka melihat lumba-lumba ini berenang di sekitar teluk, yang menurut mereka menjadi pemandangan yang sangat cantik kala itu.

"Dan selanjutnya, kami terus berjalan dan melihat, 'tunggu dulu, ada hiu yang terlihat, jadi kami tidak bisa masuk ke air," kata saksi tersebut.

Wakil presiden Organisasi Penyelamatan dan Penelitian Cetacea di Australia (ORRCA) Jools Farrell menyebut lumba-lumba itu mati karena luka-lukanya. Ia mengatakan tidak jelas jika lumba-lumba akan diautopsi, tetapi ada kemungkinan lumba-lumba itu sakit sebelum penyerangan.

"Kami awalnya mengira itu adalah lumba-lumba yang tidak sehat, jadi itu sebabnya ia terdampar di pantai," kata Farrell.

Ia mengatakan di daerah itu ada cukup banyak hiu, sehingga lumba-lumba yang tidak sehat bisa menarik perhatian mereka.



Simak Video "Gadis 16 Tahun Tewas Diterkam Hiu Saat Berenang di Sungai Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA