Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Jan 2016 15:29 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Hal yang Harus Diketahui Jika Traveling Saat Musim Hujan

Faela Shafa
detikTravel
Foto: Thinkstock
Jakarta - Musim hujan memang tak melunturkan semangat traveling. Eits, tengok dulu 5 hal yang harus diketahui jika traveling saat musim hujan.

Indonesia yang hanya memiliki dua musim kini tengah mengalami musim penghujan. Di mana kebanyakan hari akan mendung dan hujan pun akan turun. Sedikit banyak, tentu hal ini berpengaruh pada traveling.

Disusun detikTravel, Senin (4/1/2016) inilah 5 hal yang harus diketahu jika traveling saat musim hujan:

1. Harus siap ganti itinerary

Hujan yang turun tak bisa diduga bisa membuat itinerary berantakan. Tak mungkin kan mendatangi tempat terbuka saat hujan turun dengan derasnya?

Seringnya, hujan berlangsung lama. Kadang beberapa jam, kadang bisa sampai setengah hari.

Oleh karena itu, jika ingin liburan di musim hujan, pastikan untuk memiliki beberapa itinerary cadangan. Misal tak bisa mendatangi tempat outdoor, kamu masih bisa mendatangi objek wisata yang indoor.

2. Hasil foto yang terlihat muram

Udara yang dingin, awan yang mendung, bukanlah foto yang menarik untuk dilihat. Suasana yang harusnya terlihat indah dan ceria hanyalah khayalan.

Karena mendung membuat suasana terlihat muram. Cahaya yang sedikit membuat foto gelap dan menyedihkan. Mau tak mau, itu risiko liburan saat sering hujan.

Tinggal cari angle yang tepat dan foto pun terlihat magis. Jangan putus asa!

3. Bawaan yang lebih banyak

Beda dengan musim panas, bawaan di musim penghujan akan lebih banyak. Jika mentari bersinar cerah, maka pilihan baju banyak yang berbahan tipis dan pendek.

Sedangkan saat dingin dan sering hujan seperti ini, pasti mencari yang hangat. Alhasil, jaket dan sweater pun masuk dalam tas atau koper.

Belum lagi bawa sandal jepit agar tak menyulitkan saat jalan di tempat becek. Juga, payung untuk melindungi diri dari hujan. Tapi, lebih baik bawaan agak bengkak dibanding kedinginan sepanjang liburan kan?

4. Lebih rentan sakit

Cuaca yang dingin, kemudian kemungkinan kebasahan membuat kamu lebih rentan sakit dibanding saat musim panas. Penyakit yang paling mudah menyerang tubuh adalah masuk angin dan flu.

Maka dari itu, siapkan obat dan buatlah pertahanan sendiri. Mulai dari sarapan yang berkualitas dan segera ganti baju jika basah.

5. Sering makan

Ini yang bikin panik traveler yang ingin diet. Liburan saat musim dingin membuat kamu lebih sering makan. Apalagi makanan yang hangat dan berkuah, pasti menggugah selera.

Udara yang dingin membuat sering lapar. Tak heran jika kamu sering makan. Apalagi hujan membuat kamu malas bergerak banyak. Siap-siap kaget saat melihat timbangan di rumah nanti ya!

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA