Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Agu 2017 08:55 WIB

TRAVEL-TIPS

Catat! 6 Tips Liburan Sehari di Paris

Ahmad Toriq
Redaksi Travel
Foto: Museum Louvre di Paris (Ahmad Toriq/detikTravel)
Foto: Museum Louvre di Paris (Ahmad Toriq/detikTravel)
Paris - Liburan ke Paris kok cuma satu hari? Bisa saja. Banyak destinasi yang bisa dikunjungi walau hanya sehari. Nah, sebelum berangkat ke sana, simak dulu tipsnya.

Ada sejumlah skenario yang memungkinkan traveler hanya punya waktu luang sehari di Paris. Bisa saja karena pekerjaan, bisa juga sedang dalam perjalanan keliling Eropa dan hanya punya waktu luang sehari di Paris.

Agar liburan Anda di Kota Mode itu efektif, maka perlu pengetahuan dan perencanaan yang baik. Paling tidak, traveler harus tahu spot-spot wisata yang bisa dikunjungi sekaligus dalam sehari.

Traveler juga harus paham kondisi lalu lintas dan kendaraan umum yang ada di Paris. Layaknya kota besar dunia lainnya, lalin Ibu Kota Perancis itu padat, alias macet di mana-mana. Kondisi di Paris juga mirip di Jakarta dalam hal banyaknya sepeda motor di kota. Bedanya, sepeda motor yang digunakan orang Paris kebanyakan adalah matik dengan cc besar. Bedanya lagi, meski banyak motor, tapi tak ada ojek online.

Disusun detikTravel, Senin (7/8/2017), berikut tips liburan sehari di Paris:

1. Keliling kota dengan Big Bus

Salah satu cara yang paling praktis untuk mengelilingi Paris adalah dengan ikut Big Bus, yaitu bus wisata yang berkeliling kota. Anda bisa naik bus ini dari spot-spot wisata terkenal, di antaranya di Menara Eiffel ataupun Champ-Elysees.

Bus ini mulai beroperasi pukul 09.30 dan tur terakhirnya dimulai pukul 17.41 waktu setempat. Tiketnya memang agak mahal, dimulai dari 30 Euro (Rp 470 ribu).

2. Taksi online bisa jadi pilihan

(Ahmad Toriq/detikTravel)(Ahmad Toriq/detikTravel)
Kalau Anda ingin wisata mandiri, maka taksi online bisa jadi pilihan. Tak usahlah disebut di sini, Anda pasti tahu aplikasi taksi yang ada di seluruh dunia. Tarifnya lebih murah dibanding taksi konvensional.

Lebih murah lagi jika Anda mau naik Metro, MRT-nya Paris. Mode transportasi ini jelas antimacet, namun tingkat kepraktisannya di bawah taksi online.

3. Ke Eiffel di saat terang dan gelap

(Ahmad Toriq/detikTravel)(Ahmad Toriq/detikTravel)
Menara Eiffel, sebagai ikon kota Paris, tak hanya cantik saat matahari bersinar terang, tapi juga menawan di kala gelap. Anda bisa menaruh jadwal ke Menara Eiffel di sore hari atau menjelang gelap, agar dapat momen terang dan gelap di Menara Eiffel dengan lebih efisien. Atau Anda bisa ke Eiffel dua kali, di pagi hari, lalu kembali malam harinya.

Saat hari gelap, lampu di Menara Eiffel dinyalakan. Setiap satu jam sekali, ada lampu khusus yang dinyalakan sehingga Eiffel tampak berhias bintang-bintang.

Oh iya, jika traveler cuma punya waktu sehari, tak usahlah naik ke puncak menara cantik itu. Kalaupun Anda ingin naik, lakukan di malam hari. Antrean naik ke puncak Menara Eiffel di siang hari akan banyak menyita waktu Anda. Waktu buka lift yang membawa wisatawan ke puncak Menara Eiffel hingga pukul 23.00. Siapkan dana sekitar 20 Euro (Rp 313 ribu) untuk tiket dan beli minum.

4. Masuk Museum Louvre nggak ya?

6 Tips Liburan Sehari di ParisFoto: (Ahmad Toriq/detikTravel)
Pecinta seni atau bukan, sebaiknya Anda tetap ke Museum Louvre. Museum yang pintu masuknya berbentuk piramida kaca ini sungguh instagrammable.

Antrean di museum Louvre biasanya selalu panjang. Waktu yang agak lengang di sore hari. Di hari Rabu dan Jumat, museum buka sampai malam.

Kalaupun Anda ingin masuk, lakukanlah dengan cepat, tak usahlah mengamati satu persatu karya seni di museum yang bangunannya indah itu dengan seksama. Ingat, waktu Anda terbatas! Cari saja lukisan Monalisa yang tersohor itu, lalu berselfie. Setelah itu segera keluar dan menuju tempat wisata lainnya.

5. Belanja di Galeries Lafayette atau Champ-Elysees

6 Tips Liburan Sehari di ParisFoto: (Ahmad Toriq/detikTravel)
Ada dua tempat belanja terkenal di Paris, yaitu Galeries Lafayette dan di toko-toko sepanjang jalan Champ-Elysees. Ingat, siapkan duit banyak, karena barang-barang di Paris mahal.

Deretan barang mewah sangat mudah ditemukan di Galeries Lafayette yang berbentuk mal. Anda bisa belanja indoor. Koleksi barang-barangnya lengkap. Mau beli baju bola klub Paris Saint-German? Ada. Hermes? Longchamp? Louis Vuitton? Koleksi terbarunya ada di sini. Turis berkantong tebal suka belanja di tempat ini

Pilihan lain adalah belanja di toko-toko yang ada di sepanjang jalan Champ-Elysees. Merchant-merchant yang ada di Galeries Lafayette ada juga di jalan utama Paris ini. Namun Anda harus keluar masuk toko. Harganya? Sama saja dengan Galeries La Fayette.

6 Tips Liburan Sehari di ParisFoto: (Ahmad Toriq/detikTravel)
Untuk traveler penggemar bola dan ingin mengoleksi jersey Paris Saint-German lebih baik belanja di outlet yang ada di Champ-Elysees dibanding belanja di Galeries Lafayette. Di Champ-Elysees, koleksinya lebih lengkap dan Anda bisa mencetak nama di jersey. Siapkan kocek agak dalam, karena selembar jersey dengan nama cetakan seharga 105 Euro (Rp 1,6 juta). Bisa jadi itu kaos termahal yang pernah Anda beli.

Jika Anda datang di bulan Juni yang merupakan musim panas, traveler bisa memilih waktu pagi atau petang untuk ke jalan ini, sebab di sore hari sekitar pukul 16.00, panas di Paris bisa mencapai 39 derajat. Hmm… lebih panas dari Jakarta.

Bonus belanja di Champ-Elysees adalah Arc de Triomphe. Anda bisa berselfie ria usai belanja di gerbang yang terletak di pusat kota Paris ini.

Sebenarnya ada tempat belanja yang lebih murah, yaitu La Valle Village. Namun La Valle berada di luar kota Paris. Jaraknya sekitar satu jam menggunakan metro. Kalau Anda hanya ingin belanja saat ada di Paris, lebih baik ke tempat ini. Barang-barang yang dijual di tempat ini didiskon gila-gilaan, karena memang bukan barang-barang terbaru.

6. Belanja suvenir di kaki lima

Seperti disebutkan sebelumnya, barang-barang di Paris mahal-mahal. Lalu bagaimana dengan suvenirnya? Ya mahal juga.

Untuk mengakalinya, jika kantong Anda tak terlalu tebal, beli saja suvenir yang dijajakan di pinggir jalan sekitaran Menara Eiffel. Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan di toko. Selengkapnya soal belanja suvenir dari Paris bisa Anda baca di sini. Selamat liburan! (tor/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kapan Kamu Main ke Museum Angkut?

Minggu, 19 Nov 2017 22:55 WIB

Museum Angkut di Batu adalah museum dengan gaya modern yang menampilkan bermacam alat transportasi dari tradisional hingga yang paling modern. Keren banget!